Beranda / Berita / Potensi Cuaca Ekstrim di Aceh: Peringatan dan Prakiraan Cuaca 3 Hari ke Depan

Potensi Cuaca Ekstrim di Aceh: Peringatan dan Prakiraan Cuaca 3 Hari ke Depan

Minggu, 31 Maret 2024 19:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Biyu

Kantor Stasiun Meteorologi Kelas 1 SIM di Banda Aceh. Foto: doc facebook infobmkg_aceh 


DIALEKSIS.COM | Aceh - Wilayah Aceh tengah menjadi pusat perhatian dengan adanya fenomena alam yang menciptakan kondisi cuaca yang tidak biasa. Daerah belokan angin dan konvergensi, yang merupakan faktor utama dalam pembentukan daerah perlambatan kecepatan angin, telah terdeteksi di sebagian wilayah Aceh. Tak hanya itu, suhu permukaan laut yang meningkat juga turut meningkatkan potensi penguapan di Samudra Hindia Barat Aceh. Kedua faktor ini diyakini berkontribusi terhadap pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Aceh.

Mengutip informasi prakiraan cuaca dari Stasiun Meteorologi Kelas 1 SIM di Banda Aceh untuk tiga hari mendatang, mulai dari 31 Maret hingga 02 April 2024, kondisinya umumnya diperkirakan cerah berawan, namun berpotensi terjadi hujan di beberapa bagian wilayah. Kondisi ini dipicu oleh konvergensi udara dan suhu permukaan laut yang tinggi, yang berperan dalam memicu pertumbuhan awan hujan di sejumlah wilayah Aceh. Wilayah-wilayah tertentu berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat, disertai kilat/petir dan angin kencang.

Pada tanggal 31 Maret 2024, wilayah-wilayah seperti Aceh Tenggara, Aceh Barat Daya, Aceh Jaya, Subulussalam, Pidie, Langsa, dan Simeulue diperkirakan berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Sementara itu, pada tanggal 01 April 2024, wilayah-wilayah seperti Aceh Tenggara, Aceh Barat Daya, Aceh Jaya, Aceh Barat, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Nagan Raya, dan Simeulue juga berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Adapun untuk hari ketiga, tanggal 02 April 2024, wilayah-wilayah yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem adalah Aceh Tenggara, Aceh Selatan, Subulussalam, Pidie, dan Gayo Lues.

Dalam menghadapi potensi cuaca ekstrem tersebut, Stasiun Meteorologi Kelas 1 SIM di Banda Aceh telah mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat untuk mewaspadai potensi Bencana Hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, dan potensi bahaya lainnya yang mungkin timbul akibat hujan lebat yang berlangsung secara berkelanjutan atau dengan durasi yang lama. Menyikapi hal ini, diharapkan agar semua pihak tetap waspada dan siap menghadapi kemungkinan dampak yang timbul dari kondisi cuaca tersebut.

Keyword:


Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda