Beranda / Berita / Program Keserasian Sosial di Aceh Tamiang Diresmikan

Program Keserasian Sosial di Aceh Tamiang Diresmikan

Selasa, 06 Oktober 2020 18:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Hendra V
[Foto: Hendra V/Dialeksis]

DIALEKSIS.COM | Aceh Tamiang - Program Keserasian Sosial yang dilaksanakan di Kampung Rantau Panjang Kecamatan Karang Baru, Aceh Tamiang, dalam bentuk pembangunan tugu dan jalan produksi, yang diresmikan Kepala Dinas Sosial Aceh Tamiang.

Program keserasian sosial tersebut diharapkan menjadi pengingat masyarakat agar senantiasa menjaga perdamaian di wilayah masing-masing. "Dengan demikian, kami harapkan kedepan suasana kebersamaan, keamanan dan ketertiban masyarakat akan selalu terjaga dengan kondusif," kata Kadinsos Aceh Tamiang, Alijon, SE kepada Dialeksis.com, Selasa (6/10/2020).

Tugu itu merupakan pertanda, pengingat agar masyarakat senantiasa menjaga perdamaian di desa. Selama ini, Kampung Rantau Panjang cukup kondusif, sehingga ia berharap hal itu tetap dijaga bahkan ditingkatkan.

Secara khusus, pihaknya menginginkan Kampung di Kecamatan Karang Baru bahkan dapat mencontoh Kampung Rantau Panjang yang selama ini terkenal, memiliki hubungan antar umat beragama yang harmonis.

Sementara itu, Camat Karang Baru, Iman Suhery, S. STP mengatakan Kampung Rantau Panjang membentuk Forum Keserasian Sosial pada tahun 2019, sebagai upaya menangkal konflik sosial.

Dia mengatakan, forum itu mendapat alokasi program dalam bentuk non fisik maupun fisik, yakni berupa pengerasan jalan produksi sepanjang 1000 meter dan pembangunan tugu keserasian sosial dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI, untuk melaksanakan kegiatan keserasian sosial.

Kegiatan non fisik yang dilakukan adalah dialog tematik (sarasehan) desa, dalam rangka mencari upaya penyelesaian terhadap berbagai potensi konflik yang ada, dengan melibatkan berbagai pihak di desa.

Sedangkan kegiatan fisik, lanjut dia, forum keserasian sosial memotori tersedianya fasilitas umum kebutuhan masyarakat seperti jalan produksi dan tugu keserasian sosial. (MHV)

Keyword:


Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda