Beranda / Berita / PT Angkasa Pura Targetkan Perluasan Jaringan Rute Penerbangan Internasional di 2023

PT Angkasa Pura Targetkan Perluasan Jaringan Rute Penerbangan Internasional di 2023

Minggu, 19 Februari 2023 19:00 WIB

Font: Ukuran: - +

[Foto: AP I]


DIALEKSIS.COM | Jakarta - PT Angkasa Pura/AP I (persero) sebagai operator 15 bandara di Indonesia melakukan pertemuan strategis dengan stakeholders di industri aviasi dan kebandarudaraan seperti maskapai penerbangan dan operator bandara lain pada Routes Asia 2023, untuk memperluas rute penerbangan internasional perusahaan.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk komitmen untuk meningkatkan kinerja operasional dan keuangan demi mencapai target perusahaan pada 2023.

Acara bertaraf internasional yang digelar di Chiang Mai, Thailand, pada 14-16 Februari 2023 tersebut merupakan tempat bertemunya lebih dari 250 pihak layanan udara yang ada di Asia Pasifik dengan menyediakan platform bagi maskapai penerbangan, operator bandara, otoritas pariwisata, dan pemangku kepentingan penerbangan lainnya untuk bertemu, berbagi best practice, dan bersama-sama mengembangkan strategi rute penerbangan dan memastikan pengembangan layanan udara ke depannya.

Selama rangkaian acara Routes Asia 2023 berlangsung, Direktur Komersial dan Pelayanan Angkasa Pura I Dendi Tegar Danianto melakukan pertemuan strategis dengan 12 maskapai penerbangan dan operator bandara dari berbagai negara yang terdiri dari tujuh maskapai penerbangan dan lima operator bandara.

Pertemuan strategis dengan maskapai penerbangan, operator bandara, dan berbagai stakeholders lainnya di acara tersebut memiliki tiga strategi utama, yaitu memastikan optimalisasi rute historik dan baru dengan airlines, mengembangkan strategi sister airports dengan operator global, dan mencari kerja sama baru dengan stakeholder aviasi seperti tour operator, event organizer, dan online travel partner.

"Dengan dilaksanakan acara ini juga menjadi upaya kami untuk terus mengembangkan perusahaan. Setelah ditekan keras selama pandemi, kami yakin AP I bukan hanya pulih, tapi akan kembali kuat dan terbang lebih tinggi lagi melalui berbagai upaya yang kami lakukan bersama-sama," ujar Direktur Komersial dan Pelayanan AP I, Dendi Tegar Danianto, sebagaimana dikutip InfoPublik pada Minggu (19/2/2023).

Dendi merinci tujuh maskapai penerbangan yang ditemui antara lain Turkish Airlines, Indigo, Jeju Air, Juneayo Air, My Airlines, Thai Smile, dan Starlux. Sementara itu, lima operator bandara yang bertemu dengan AP I yakni Cam Ranh International Terminal Vietnam, Melbourne Airport Australia, U-Tapao Airport Thailand, Airport Corporation of Vietnam, dan Airport of Thailand.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, dari pertemuan tersebut, potensi terbukanya kerja sama strategis oleh maskapai penerbangan dan operator bandara yang ditemui menjadi semakin tinggi.

Routes Asia telah memberikan dampak nyata pada layanan udara Asia Pasifik. Lebih dari 600 rute baru di seluruh wilayah di Asia Pasifik terhubung ke Routes Asia 2023. Routes Asia 2023 juga menciptakan lebih dari 1.500 pertemuan yang berlangsung antara pembuat keputusan senior dari maskapai penerbangan, bandara, otoritas pariwisata, dan stakeholders lainnya di acara tersebut.

Upaya meningkatkan kinerja operasional dan keuangan dengan mengoptimalisasi rute penerbangan terus dilakukan. Setelah rute penerbangan internasional dibuka lagi pada tahun lalu, AP I sebagai operator bandara terus berlari kencang untuk melakukan optimalisasi rute penerbangan tersebut.

"Kami berharap pertemuan dengan maskapai penerbangan dan operator bandara di Routes Asia 2023 dapat terjalin kerja sama yang berkelanjutan dan menumbuhkan kembali industri aviasi dan kebandarudaraan di Tanah Air," tutup Dendi.

Sebagai gambaran, sepanjang 2022, AP I mencatat telah melayani sebanyak 52,3 juta pergerakan penumpang di 15 bandara yang dikelola. Jumlah ini mengalami pertumbuhan sebesar 84 persen jika dibandingkan dengan jumlah pergerakan pada periode 2021 yang sebanyak 28,5 juta pergerakan penumpang. Pada 2023 ini, AP I menargetkan untuk dapat melayani sekitar 68 juta penumpang. InfoPublik]

Keyword:


Editor :
Alfi Nora

riset-JSI
Komentar Anda