Beranda / Berita / Sosok Elon Musk Orang Terkaya di Dunia 2021 Versi Forbes, Siapa Lagi?

Sosok Elon Musk Orang Terkaya di Dunia 2021 Versi Forbes, Siapa Lagi?

Minggu, 24 Oktober 2021 14:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Jadi orang terkaya di dunia, Elon Musk tak punya rumah. (Foto: Istimewa)


DIALEKSIS.COM | Dunia - Forbes telah merilis daftar orang terkaya di dunia 2021 pada Selasa (19/10/2021). Dalam daftar yang dirilis Forbes itu, Elon Musk menggeser Jeff Bezos sebagai orang terkaya di dunia 2021.

Total harta kekayaan pendiri perusahaan Tesla dan SpaceX itu mencapai 220,9 miliar dolar AS atau sekitar Rp 3.102 triliun. Total harta kekayaan pendiri perusahaan Tesla dan SpaceX itu mencapai 220,9 miliar dolar AS atau sekitar Rp 3.102 triliun.

Sementara itu, Jeff Bezos menempati posisi kedua dalam daftar orang terkaya di dunia 2021. Bos Amazon itu memiliki total kekayaan mencapai 199,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp 2.820 triliun. Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Rabu (20/10/2021), berikut ini 5 orang terkaya di dunia versi Forbes.

1. Elon Musk

Orang terkaya di dunia versi Forbes yang pertama adalah Elon Musk. Kekayaan Elon Musk berasal dari dua bisnisnya, yakni perusahaan mobil listrik otomatis Tesla dan perusahaan roket luar angkasa SpaceX. 

Elon Musk baru pindah ke Amerika Serikat saat melakukan studi di Universitas Pennsylvania. Sebelumnya, pengusaha berusia 50 tahun itu tumbuh di Afrika Selatan, kemudian pindah ke Kanada saat berusia 17 tahun. 

Elon Musk memiliki 21 persen saham Tesla, sedangkan SpaceX memiliki valuasi 74 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.043 triliun setelah menerima pendanaan pada Februari 2021. Jumlah harta kekayaan Elon Musk diduga mencapai 220,9 miliar dollar AS atau sekitar Rp 3.102 triliun.

2. Jeff Bezos

Semenjak didirikan Jeff Bezos pada 1994 di garasi rumahnya yang terletak di Seattle, Amerika Serikat, Amazon telah menjadi raksasa e-commerce.

Bahkan, selama pandemi Covid-19 yang telah berlangsung hampir dua tahun ini, Amazon berhasil tetap bertahan. Pada tahun 2020, pendapatan Amazon tumbuh 38 persen menjadi 386 miliar dollar AS atau sekitar Rp 5.442 triliun.

Hal tersebut terjadi karena selama pandemi Covid-19, masyarakat diharuskan tetap tinggal di rumah, sehingga banyak orang memilih untuk belanja online.

Selain itu, pengusaha berusia 57 tahun ini juga merupakan pemilik dari media The Washington Post, dan perusahaan pengembang roket luar angkasa untuk kebutuhan komersial, Blue Origin. Total kekayaan Jeff Bezos ditaksir mencapai 199,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp 2.820 triliun.

3. Bernard Arnault dan keluarga

Bernard Arnault adalah Ketua dan CEO dari perusahaan mode ternama dunia Moët Hennessy Louis Vuitton (LVMH). Perusahaannya membawahi grup yang terdiri dari 70 merek fashion ternama, termasuk Louis Vuitton dan Sephora. Empat dari lima anak Bernard Arnault juga turut bekerja di LVMH, yakni Frédéric, Delphine, Antoine, dan Alexandre. Total kekayaan Bernard Arnault dan keluarga ditaksir mencapai 180,8 miliar dollar AS atau sekitar Rp 2.552 triliun.

4. Bill Gates

Mantan orang terkaya di dunia, Bill Gates, kini harus puas menempati posisi keempat dalam daftar orang terkaya di dunia 2021 versi Forbes. Sebelumnya, Bill Gates memperoleh kekayaannya dari Microsoft, perusahaan yang didirikannya. Akan tetapi, kini Bill Gates lebih fokus berinvestasi di bidang energi tanpa karbon dan filantropi.

Bill Gates hanya memiliki satu persen saham Microsoft saat mengundurkan diri dari perusahaan tersebut. Bill Gates diketahui telah berinvestasi di lusinan perusahaan, termasuk Canadian National Railway dan AutoNation. Dia juga adalah salah satu pemilik lahan pertanian terbesar di Amerika Serikat. Total kekayaan Bill Gates ditaksir mencapai 132,9 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.874 triliun.

5. Larry Ellison

Larry Ellison adalah ketua, chief technology officer, dan salah satu pendiri raksasa perangkat lunak, Oracle. Larry Ellison memiliki sekitar 35 persen saham di perusahaan tersebut. Setelah 37 tahun memimpin perusahaan tersebut, Larry Ellison melepaskan perannya sebagai CEO Oracle pada tahun 2014.

Pada Desember 2018, Larry Ellison bergabung dengan dewan direksi Tesla setelah membeli 3 juta saham perusahaan mobil listrik otomatis tersebut. Total kekayaan Larry Ellison ditaksir mencapai 126,6 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.776 triliun [kompas.com]. 

Keyword:


Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda