Beranda / Berita / Update BMKG Prakiraan Cuaca Aceh Hari Ini

Update BMKG Prakiraan Cuaca Aceh Hari Ini

Senin, 24 Juni 2024 09:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : biyu
Informasi update prakiraan cuaca hari ini. Foto: Humas BMKG Aceh

DIALEKSIS.COM | Aceh - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem untuk wilayah Aceh pada Senin, 24 Juni 2024. Peringatan yang dikeluarkan pukul 06:09 WIB ini memprediksi potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di berbagai kabupaten dan kota di Aceh.

Menurut prakiraan BMKG, wilayah yang berpotensi terdampak meliputi sebagian besar Kabupaten Aceh Selatan, Aceh Tenggara, Aceh Besar, Aceh Singkil, dan Aceh Tamiang. Fenomena cuaca ekstrem ini diperkirakan akan berlangsung hingga pukul 09:39 WIB.

"Masyarakat di wilayah-wilayah tersebut diimbau untuk tetap waspada dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan," ujar juru bicara BMKG Aceh melalui rilisnya diterima Dialeksis.com.

Peringatan ini juga mencakup potensi perluasan area terdampak ke wilayah lain, termasuk beberapa kecamatan di Kabupaten Aceh Timur, Pidie, Gayo Lues, dan Aceh Jaya. Kota-kota besar seperti Banda Aceh, Langsa, dan Subulussalam juga tidak luput dari peringatan ini.

BMKG menghimbau masyarakat untuk tetap memantau perkembangan cuaca dan mengikuti arahan dari pihak berwenang setempat.

"Kami menyarankan agar masyarakat mengurangi aktivitas di luar ruangan selama periode cuaca ekstrem ini," tambah juru bicara tersebut.

Pihak berwenang setempat juga telah diminta untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi potensi dampak dari cuaca buruk, seperti banjir lokal, tanah longsor, atau pohon tumbang akibat angin kencang.

Masyarakat dapat memantau perkembangan cuaca terkini melalui situs resmi BMKG di https://nowcasting.bmkg.go.id atau menghubungi kantor BMKG terdekat untuk informasi lebih lanjut.

Keyword:


Editor :
Redaksi

kip
riset-JSI
Komentar Anda