Beranda / Data / Cuaca di Aceh Diprakirakan Berpotensi Hujan Lebat Seminggu ke Depan

Cuaca di Aceh Diprakirakan Berpotensi Hujan Lebat Seminggu ke Depan

Rabu, 01 Mei 2024 16:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Ratnalia

Kantor BMKG Banda Aceh. Foto: doc facebook infobmkg_aceh 


DIALEKSIS.COM | Aceh - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda Banda Aceh memperingatkan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir serta angin kencang di sejumlah wilayah Aceh pada 1-7 Mei 2024 mendatang.

Peringatan tersebut disampaikan Prakirawan BMKG Aceh dalam keterangan tertulisnya yang diterima Dialeksis.com pada Selasa (1/5/2024).

"Potensi hujan ini dipicu oleh adanya daerah konvergensi di wilayah Aceh serta kondisi suhu permukaan laut di wilayah Samudra Hindia Barat Aceh dan Perairan Utara Aceh yang hangat, sehingga meningkatkan potensi pertumbuhan awan konvektif atau awan hujan," jelasnya.

Wilayah yang berpeluang mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diperkirakan meliputi Aceh Barat Daya, Aceh Tamiang, Aceh Utara, Aceh Selatan, Aceh Barat, Aceh Jaya, Aceh Singkil, Aceh Tenggara, Gayo Lues, Langsa, Lhokseumawe, Pidie, Aceh Tengah, Simeulue, Subulussalam, serta Nagan Raya.

Prakirawan BMKG menghimbau masyarakat untuk waspada dan mengantisipasi potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor akibat hujan lebat tersebut. 

"Masyarakat juga diimbau untuk selalu mengikuti informasi prakiraan cuaca terbaru dari BMKG," pungkasnya.

Keyword:


Editor :
Redaksi

kip
riset-JSI
Komentar Anda