Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Berita / Dunia / Arab Saudi Segera Izinkan Perempuan Pergi Tanpa Muhrim

Arab Saudi Segera Izinkan Perempuan Pergi Tanpa Muhrim

Minggu, 14 Juli 2019 21:00 WIB

Ilustrasi : Herald.sun

DIALEKSIS.COM | Arab Saudi - Arab Saudi dilaporkan akan memperbolehkan perempuan berpergian tanpa pendamping laki-laki atau muhrim.

Dikutip Tempo, Langkah ini akan mengakhiri undang-undang undang-undang perwalian untuk pria dan perempuan di atas 18 tahun, yang memungkinkan mereka untuk meninggalkan Arab Saudi tanpa persetujuan dari anggota keluarga pria yang ditunjuk, menurut Wall Street Journal, dikutip dari The Telegraph, 13 Juli 2019.

Tidak jelas kapan tepatnya pelonggaran peraturan ini mulai berlaku, tetapi dilaporkan akan diputuskan pada awal tahun ini. Sejauh ini tidak ada komentar langsung dari pemerintah Arab Saudi.

Keputusan, yang belum diumumkan secara resmi tetapi dilaporkan telah dibuat di atas kerajaan Saudi, muncul setelah banyaknya kasus perempuan Arab Saudi yang meminta suaka ke luar negeri dan telah meninggalkan keluarga mereka.

Putra Mahkota Mohammed bin Salman telah menjanjikan tahap reformasi yang bertujuan meliberalisasi dan membuka Arab Saudi ke dunia.

Majelis Kerajaan Saudi mengumumkan keputusan untuk mengizinkan perempuan mengemudi setelah larangan berpuluh-puluh tahun pada akhir 2017. Tetapi sebelum undang-undang baru mulai berlaku pada Juni berikutnya, lebih dari puluhan aktivis perempuan yang telah berkampanye untuk hak mengemudi dan menentang sistem perwalian ditangkap.

Mereka masih ditahan lebih dari setahun, menimbulkan pertanyaan tentang keseriusan visi liberalisasi Mohammed bin Salman untuk perempuan Arab Saudi. (pd/tempo).


Editor :
Pondek

dpra
Komentar Anda