Logo Dialeksis
Beranda / Berita / Dunia / Corona Belum Usai, Muncul Virus Menular Baru di China

Corona Belum Usai, Muncul Virus Menular Baru di China

Sabtu, 08 Agustus 2020 11:00 WIB

Font: Ukuran: - +


Ilustrasi demam

DIALEKSIS.COM | China - Pandemi Covid-19 yang saat ini di dunia telah menginfeksi 19,111,123 orang positif dan 715,163 orang meninggal dunia. Kini dilaporkan muncul virus baru yang juga berasal dari Wuhan, China. 

Melansir dari viva.co.id, Negeri Tirai Bambu itu melaporkan penyakit menular baru yang disebabkan oleh virus yang ditularkan kutu. Virus tick-borne telah mengifeksi 67 orang dan menewaskan sedikitknya tujuh korban jiwa. 

Ilmuwan dan ahli medis disana percaya, virus yang ditularkan melalui gigitan kutu itu telah diidentifikasi sebagai demam parah dengn sindrom trombositopenia, atau disingkat virus SFTS. 

Sementara menurut Golbal Times, Provinsi Jiangsu di Tiongkok Timur, telah melaporkan lebih dari 37 kasus pada paruh pertam tahun ini dan 23 lainnya ditemukan di Provinsi Anhui, Tiongkok Ti. 

Menurut laporan harian Tiongkok, seorang wanita asal Nanjing di ibukota Jiangsu, melaporkan gejala seperti demam dan batuk. Setelah menjalani pemeriksaan medis, dokter mendapati trombositnya rendah dan leukosit dalam darahnya juga menurun. 

Sheng Jifang, seorang dokter dari rumah sakit afiliasi pertama di bawah Universitas Zhejiang, mengatakan kemungkinan penularan dari manusia ke manusia tidak dapat dikesampingkan. Pasien dapat menularkan virus ke orang lain melalui darah atau lendir. 

Dokter memperingatkan, gigitan kutu adalah rute transmisi utama. Namun, selama kita berhati-hati dan menjaga kesehatan, tidak perlu terlalu panik dengan penularan virus tersebut.(IDW)(Sumber: viva.co.id)

Editor :
Indra Wijaya

riset-JSI
Komentar Anda