Logo Dialeksis
Beranda / Berita / Dunia / Facebook Minta Maaf atas Kesalahan Penerjemahan Nama Xi Jinping

Facebook Minta Maaf atas Kesalahan Penerjemahan Nama Xi Jinping

Minggu, 19 Januari 2020 20:15 WIB

Font: Ukuran: - +

Ilustrasi. [Foto: pixabay]

DIALEKSIS.COM | AS - Facebook telah meminta maaf atas kesalahan penerjemahan nama Presiden China Xi Jinping yang tidak menyenangkan dari jabatan-jabatan berbahasa Burma selama kunjungan ke Myanmar. Facebook mengatakan hal itu merupakan kesalahan teknis.

Kesalahan itu, yang menyebabkan nama Xi muncul sebagai "lubang Mr S" ketika diterjemahkan dari Burma ke dalam bahasa Inggris, terungkap pada hari kedua perjalanan, di mana Xi dan pemimpin sipil de facto Myanmar Aung San Suu Kyi menandatangani lusinan perjanjian yang mencakup rencana infrastruktur besar yang didukung Beijing.

Kesalahan yang paling menonjol muncul di halaman Facebook resmi Aun San Suu Kyi, yang dipenuhi dengan referensi untuk "lubang Mr S" ketika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris melalui fitur terjemahan otomatis Facebook.

"Mr S, Presiden Cina tiba pukul 4 sore," kata pernyataan yang diterjemahkan. "Presiden Cina, Tuan S ***, menandatangani catatan tamu tentang rumah perwakilan," lanjutnya.

Tidak jelas berapa lama masalah ini bertahan di Facebook tetapi fungsi terjemahan Google tidak menunjukkan kesalahan yang sama.

"Kami memperbaiki masalah teknis yang menyebabkan terjemahan yang salah dari bahasa Burma ke Bahasa Inggris di Facebook," kata media sosial raksasa AS itu dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu (18/1/2020).

"Ini seharusnya tidak terjadi dan kami mengambil langkah-langkah untuk memastikan itu tidak terjadi lagi. Kami dengan tulus meminta maaf atas pelanggaran yang disebabkan ini," katanya. (Aljazeera)


Editor :
Indri

riset-JSI
Komentar Anda