Beranda / Berita / Dunia / Lahar Mauna Loa Menuju Jalan Raya, Hawaii Aktifkan Garda Nasional

Lahar Mauna Loa Menuju Jalan Raya, Hawaii Aktifkan Garda Nasional

Selasa, 06 Desember 2022 23:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Air mancur dan aliran lahar menciptakan kilauan pada letusan Gunung Api Mauna Loa di Hawaii, Senin (5/12/2022). [Foto: Go Nakamura/Reuters]


DIALEKSIS.COM | Dunia - Pejabat di Hawaii telah mengaktifkan Garda Nasional negara bagian untuk membantu menanggapi letusan Mauna Loa, yang lavanya terus mengalir ke arah jalan raya selama berhari-hari.

Air mancur lava yang menyembur dari gunung berapi selama seminggu terakhir bukanlah ancaman bagi komunitas atau properti, kata para pejabat. Tetap saja, letusan gunung berapi aktif terbesar di dunia telah membuat penduduk dan pejabat gelisah karena batuan cair terus mengalir menuju Jalan Tol Daniel K. Inouye, mengancam untuk menutup setidaknya sebagian dari rute terpendek yang menghubungkan sisi timur dan barat Big Island. .

“Pemerintah David Ige dan Mayor Jenderal Kenneth Hara mengaktifkan 20 anggota layanan Garda Nasional Hawai'i pada hari Senin dan menempatkan mereka dalam tugas aktif untuk membantu Kabupaten Hawai'i dengan kontrol lalu lintas dan peran lain dalam letusan Mauna Loa,” kata Badan Manajemen Darurat Hawaii dalam sebuah pernyataan.

Pada hari Senin (5/12/2022), lahar berada sekitar 2,16 mil dari jalan raya, yang dikenal secara lokal sebagai Saddle Road, menurut US Geological Survey. Dan kecepatan pergerakan lahar tidak dapat diprediksi, sehingga menyulitkan para ahli untuk memperkirakan kapan lava tersebut mencapai jalan raya.

“Ada banyak variabel yang berperan, baik arah maupun waktu aliran maju diperkirakan akan berubah selama periode jam hingga hari, sehingga sulit untuk memperkirakan kapan atau apakah aliran akan berdampak pada Jalan Tol Daniel K. Inouye,” kata survei geologi tersebut. [CNN]

Keyword:


Editor :
Indri

Berita Terkait
    riset-JSI
    distanbun 12
    Komentar Anda