Beranda / Berita / Dunia / Penulis Salman Rushdie Ditikam di New York

Penulis Salman Rushdie Ditikam di New York

Jum`at, 12 Agustus 2022 23:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Penulis Salman Rushdie dirawat setelah dia diserang selama kuliah di Chautauqua Institution di Chautauqua, New York, AS. [Foto: Joshua Goodman/AP Photo]


DIALEKSIS.COM | Dunia - Penulis berkebangsaan Inggris-India, Salman Rushdie, telah diserang saat hendak memberikan kuliah di negara bagian New York barat daya.

Melansir Aljazeera, Jumat (12/8/2022), seorang reporter Associated Press menyaksikan seorang pria menyerbu panggung di Chautauqua Institution dan mulai meninju atau menikam Rushdie saat dia diperkenalkan. Penulis jatuh ke lantai dan pria itu ditahan.

Masih belum jelas apakah Rushdie terluka parah.

Buku Rushdie "The Satanic Verses" telah dilarang di Iran sejak 1988, karena banyak Muslim menganggapnya sebagai penghujatan. Setahun kemudian, mendiang pemimpin Iran Ayatollah Ruhollah Khomeini mengeluarkan dekrit yang menyerukan kematian Rushdie.

Iran juga menawarkan hadiah lebih dari $3 juta atau setara Rp43,9 miliar untuk siapa saja yang membunuh Rushdie.

Rushdie yang saat ini tinggal di Amerika Serikat, sebelumnya telah ditempatkan di bawah perlindungan polisi karena ancaman terhadap hidupnya. Puluhan buku telah ia terbitkan. Inggris memberinya gelar bangsawan pada tahun 2007 yang memicu protes dari dunia Muslim. [Aljazeera]

Keyword:


Editor :
Indri

kip
riset-JSI
Komentar Anda