dinas pendidikan ramamdhan
Beranda / Berita / Dunia / Peringatan Tsunami Dikeluarkan Usai Gempa 7 M Guncang Lepas Pantai Antartika

Peringatan Tsunami Dikeluarkan Usai Gempa 7 M Guncang Lepas Pantai Antartika

Minggu, 24 Januari 2021 13:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Ilustrasi Tsunami. [Dok Ho News/Reuters]

DIALEKSIS.COM - Gempa bumi berkekuatan 7 magnitudo terjadi di lepas pantai Antartika. Pihak berwenang mengeluarkan peringatan tsunami untuk wilayah pesisir Antartika.

Dikutip dari AFP, gempa tersebut terjadi pada pukul 8.36 malam waktu setempat (23:36 GMT). Adapun lokasi gempa sekitar 210 kilometer arah timur Pangkalan Eduardo Frei pada kedalaman 10 kilometer.

Kantor Darurat Nasional Cile mendesak adanya evakuasi warga dari daerah pantai Antartika, karena ada potensi tsunami akibat gempa tersebut.

Sementara dikutip dari Reuters, dua gempa terjadi di wilayah Cile dengan jarak hanya beberapa menit pada Sabtu malam. Gempa pertama terjadi di Antartika, diikuti gempa kedua yang terjadi di dekat Ibu Kota Santiago.

Kementerian Dalam Negeri Cile mengatakan di Twitter bahwa gempa pertama berkekuatan 7,1 melanda pada pukul 8.36 malam waktu setempat.

Sementara, gempa kedua terjadi pada pukul 9.07 malam, waktu setempat. gempa berkekuatan 5,6 magnitudo itu melanda wilayah perbatasan Chili-Argentina, pada kedalaman 133 Km dan 30 Km di timur Santiago. (Kumparan)

Keyword:


Editor :
Sara Masroni

kesbangpol
riset-JSI
esdm ramadhan
Komentar Anda