Beranda / Ekonomi / MenkopUKM Tegaskan Minyak Makan Merah Khusus untuk Koperasi Petani

MenkopUKM Tegaskan Minyak Makan Merah Khusus untuk Koperasi Petani

Kamis, 23 Maret 2023 13:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. ANTARA/HO-Humas Kemenkop.


DIALEKSIS.COM | Nasional - MenkopUKM Teten Masduki menegaskan minyak makan merah hanya untuk koperasi petani. Dia tidak akan mengizinkan perusahaan besar memproduksi minyak makan merah.

"Pak Presiden sudah minta ini afirmasi untuk petani sawit, kalau yang besar dikasih izin habislah, jadi tidak akan dikasih izin (pengusaha besar) saya akan berikan hanya untuk koperasi petani saja," kata Teten di Jakarta, Kamis (23/3/2023).

Menurut Teten adanya program minyak makan merah adalah untuk memberikan kesempatan usaha yang sama kepada para petani agar industri sawit tidak hanya dikuasai oleh pengusaha-pengusaba besar saja.

"Jadi ini petani-petani sawit yang menguasai 41% lebih lahan sawit ini kan sekarang kita berikan kebijakan afirmasi, mereka tidak hanya menjual TBS-nya tapi bisa membuat CPO sampai minyak goreng yang siap dipasarkan," ujarnya.

Dia menambahkan, dari segi teknologi, minyak makan merah lebih ekonomis namun minyak yang dihasilkan lebih sehat bahkan bisa mencegah stunting.

"Jadi si petani nanti akan lebih mendapatkan kesejahteraan. Jadi bukan hanya jual TBS tapi ada hilirisasi," pungkasnya.  [okezone.com]

Keyword:


Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda