Beranda / Ekonomi / Pascapemilu, Harga Sembako Stabil di Pasar Keutapang Aceh Besar

Pascapemilu, Harga Sembako Stabil di Pasar Keutapang Aceh Besar

Jum`at, 16 Februari 2024 15:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Pedagang sembako pasar tradisional masih stabil dan khususnya di pasar pagi Keutapang, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Kamis (15/2/2024). [Foto: Media Center AB]


DIALEKSIS.COM | Jantho - Pemilu serentak sudah selesai digelar pada 14 Februari 2024. Pesta demokrasi itu pun tak berpengaruh secara signifikan terhadap harga sembako di Aceh Besar. 

Harga sembilan bahan pokok (Sembako) di pasar pagi Keutapang, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Kamis (15/2/2024)

Harga beras dan Bawang masih normal belum ada kenaikan setelah selesai Pemilu 2024 digelar, tapi harga cabe mengalami kenaikan yang lumayan besar dari harga biasa Rp. 40.000,- per kilogram naik ke Rp. 50.000,-.

Farida, salah satu pedagang sayur menyampaikan cabe dan kentang mengalami kenaikan harga.

"Cabe setelah pemilu naik lumayan dari biasanya empat puluh perkilo naik menjadi lima puluh ribu perkilonya," ujar Farida.

Ia juga merincikan, kentang juga sedikit naik dari Rp 12 ribu menjadi Rp 15 ribu perkilonya, minyak makan naik dari Rp 16 ribu menjadi Rp 17 ribu dan untuk harga bawang masih normal.

Plt Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Perdagangan (Diskopukmdag) Kabupaten Aceh Besar Trizna Darma ST, saat di konfirmasi menyampaikan kenaikan harga Beberapa bahan pokok ini disebabkan beberapa hal, salah satunya ketersediaan stok dan angkutan.

"Beberapa bahan pokok mengalami kenaikan, seperti cabe karena stok barang dilapangan karena kemarin antusias masyarakat mengikuti pemilu hingga stok cabe tidak banyak," jelas Trisna.

"Selain itu angkutan yang tidak beroperasi normal seperti biasanya di hari pemilu juga menjadi salah satu faktor naiknya harga walau sangat tipis," jelasnya. [*]

Keyword:


Editor :
Indri

riset-JSI
Komentar Anda