Beranda / Ekonomi / Poktan Gampong Puloe Ie Terima 3 Mesin Combine Harvester Bantuan Kementan RI

Poktan Gampong Puloe Ie Terima 3 Mesin Combine Harvester Bantuan Kementan RI

Senin, 05 Februari 2024 12:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Penjabat Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP., S.Sos., M.Si menyerahkan bantuan 3 unit Mesin Combine Harvester Besar kepada kelompok tani (Poktan) di Pabrik Padi LPM Gampong Puloe Ie, Kecamatan Kuala, Kabupaten Nagan Raya. [Foto: Prokopim NaRa]


DIALEKSIS.COM | Aceh - Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP., S.Sos., M.Si menyerahkan bantuan 3 unit Mesin Combine Harvester Besar kepada kelompok tani (Poktan) di Pabrik Padi LPM Gampong Puloe Ie, Kecamatan Kuala, Kabupaten Nagan Raya.

Mesin pertanian itu merupakan bantuan APBN melalui Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) tahun anggaran 2023.

Pj. Bupati Fitriany Farhas menyampaikan rasa terima kasih kepada Kementan RI atas bantuan Mesin Combine Harvester Besar yang diberikan kepada kelompok tani di Kabupaten Nagan Raya.

Penyerahan bantuan tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk membantu meningkatkan produksi padi dan meningkatkan kesejahteraan para petani di Kabupaten Nagan Raya.

 “Bantuan yang kami serahkan pada Kamis lalu, merupakan hasil usulan Pemkab Nagan Raya kepada Kementan RI. Mesin Combine Harvester ini sangat bermanfaat bagi para petani karena dapat membantu mempercepat proses panen padi dan mengurangi biaya produksi,” kata Pj. Bupati Fitriany, Minggu (4/2/2024).

Pj. Bupati Fitriany juga mengimbau kepada para kelompok tani penerima bantuan untuk memanfaatkan Mesin Combine Harvester dengan sebaik-baiknya dan merawatnya dengan benar agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Nagan Raya, drh. Safridhal menjelaskan bahwa bantuan Mesin Combine Harvester Besar ini diberikan kepada 3 kelompok tani di wilayah Kabupaten Nagan Raya.

“Kelompok tani yang menerima bantuan ini yaitu Kelompok Tani Nek Basoh dan Kelompok Tani Ingin Sepakat, Kecamatan Beutong, serta Kelompok Tani Mangat Beusare Kecamatan Seunagan Timur,” jelas Safridhal.

Untuk diketahui, mesin combine harvester adalah mesin pertanian yang digunakan untuk memanen padi. Mesin ini menggabungkan beberapa fungsi sekaligus, yaitu: memotong, merontokkan, membersihkan serta menyimpan gabah dalam tangki penyimpanan mesin.

Mesin combine harvester dapat menghemat waktu dan tenaga kerja dibandingkan dengan cara panen tradisional. Mesin ini juga dapat meningkatkan hasil panen karena dapat meminimalkan kehilangan gabah. [*]

Keyword:


Editor :
Indri

kip
riset-JSI
Komentar Anda