Logo Dialeksis
Beranda / Gaya Hidup / 5 Cara Menyimpan Daging Kurban agar Tahan Lama

5 Cara Menyimpan Daging Kurban agar Tahan Lama

Minggu, 02 Agustus 2020 11:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Ilustrasi daging. [Foto: Shutterstock]


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Idul Adha yang kita sebut sebagai hari raya kurban terkadang menyisakan bagian daging kurban yang cukup banyak dan tidak habis diolah. Sebagian besar orang memilih menyimpan daging kurban yang belum diolah di dalam kulkas agar tidak cepat membusuk. 

Supaya daging kurban tetap segar dan tidak busuk, kamu perlu memerhatikan cara menyimpan daging kurban yang tepat. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 cara menyimpan daging kurban agar tahan lama.

1. Tidak Perlu Dicuci

Cara menyimpan daging kurban agar tahan lama bisa kamu lakukan dengan cara tidak mencucinya terlebih dahulu. Sesaat mendapatkan daging kurban, jangan mencucinya, tapi langsung masukkan ke dalam kulkas.

Jika kamu mencuci daging kurban terlebih dahulu sebelum disimpan, justru rentan menjadi busuk. Sebab daging yang telah dicuci telah tercemar oleh bakteri. Sehingga perlu diolah secepatnya supaya tidak membusuk. 

2. Pisahkan Daging dan Jeroan

Memisahkan antara daging dan jeroan juga dapat menjaga daging tahan lama. Jeroan biasanya lebih cepat rusak dibandingkan dengan daging. Maka sebaiknya pisahkan di wadah yang berbeda.

Cara menyimpan daging kurban dengan memisahkan keduanya ini berguna untuk menghindari terjadinya kontaminasi silang antara jeroan dengan daging. Bahkan lebih baik diletakkan di freezer yang berbeda.

3. Potong-potong

Memotong daging sesuai dengan takaran konsumsi sebelum masuk kulkas menjadi cara menyimpan daging kurban agar tahan lama dengan tepat.

Sebelum memotong daging kurban, cucilah tanganmu dengan bersih supaya daging tidak tercemar oleh bakteri di tanganmu. Pastikan pisau yang kamu gunakan juga bersih dari kotoran dan bakteri. Setelah semua sudah bersih, lanjutkan memotong daging kurban sesuai dengan takaran konsumsi keluarga.

4. Masukkan dalam Wadah Tertutup

Setelah dipotong sesuai selera, cara menyimpan daging kurban agar tahan lama selanjutnya adalah dengan meletakkannya di dalam wadah tertutup. Jangan sekali-kali menyimpan daging kurban di plastik.

Usahakan memilih wadah yang terbuat dari bahan food grade, karena wadah ini akan bersentuhan dengan daging hingga berhari-hari dan berbulan-bulan, jangan sampai wadah yang digunakan mengandung bahan berbahaya. Daging kurban yang disimpan dengan cara yang tepat bisa bertahan lama hingga satu tahun.

5. Bekukan di Suhu -18 Derajat Celcius

Agar daging bisa bertahan lebih lama, cara menyimpan daging kurban adalah dengan mengatur suhu yang tepat. Bekukan daging kurban pada suhu -18 derajat celcius.

Tujuan utama membekukan daging adalah untuk menidurkannya. Kondisi daging yang beku membuat bakteri di dalam daging tidak bisa bereaksi, sehingga membuat daging lebih awet dengan cara alami. (dbs)

Editor :
Indri

riset-JSI
Komentar Anda