Logo Dialeksis
rsu bireun
Beranda / Gaya Hidup / Rajin Mencuci Piring Ampuh Meredakan Stress

Rajin Mencuci Piring Ampuh Meredakan Stress

Senin, 16 Juli 2018 15:58 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM I Florida - Banyak orang malas untuk mencuci piring dengan berbagai macam alasan. Misalnya saja, ada yang terlalu malas untuk mengerjakannya hingga tak ada waktu karena sibuk dengan kegiatan lainnya. Akibatnya, piring kotor menumpuk dan dibiarkan begitu saja hingga menimbulkan bau yang tak sedap.

Padahal, kegiatan mencuci piring ini bisa membantu seseorang mengatasi stressnya lho. Hal ini diungkapkan oleh sebuah penelitian yang mengklaim bahwa pekerjaan rumah tangga sehari-hari tersebut bisa bermanfaat bagi kesehatan mental.

Dilansir oleh Time, studi yang dilakukan para peneliti di Florida State University, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa kegiatan sederhana seperti mencuci piring ternyata dapat menenangkan hati dan pikiran kita. Selain itu, mencuci piring juga dapat mengurangi stress sekaligus ikut berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Mindfulness ini melibatkan 51 mahasiswa yang berpartisipasi untuk membuktikan teori ini. Sebagian dari partisipan ditugaskan untuk fokus terhadap indera perasa mereka selama melakukan proses mencuci piring, seperti; aroma sabun, saat kulit terkena busa, suhu air, hingga bentuk dan desain dari piring tersebut. Sementara sisa partisipan lainnya, yang bertindak sebagai kelompok kontrol, hanya berfokus mencuci piring tanpa perlu meresapinya.

Hasilnya pun sangat mengejutkan. Para partisipan yang memfokuskan diri pada indera perasa saat mencuci piring mengalami penurunan rasa gelisah sebesar 27%, lalu selain itu juga terdapat peningkatan stimulasi mental sebesar 25%.

Sedangkan, kelompok kontrol yang hanya dimintai untuk berfokus pada proses mencuci piring saja tidak mengalami begitu banyak perubahan perasaan seperti yang dialami oleh kelompok satunya. Hasil tersebut menyimpulkan bahwa kegiatan mencuci piring ini dapat mengatasi pikiran tegang akibat terlalu banyak bekerja.

Adam Hanley, salah satu peneliti menyatakan "Aku memiliki ketertarikan terhadap kesadaran pikiran, baik sebagai praktisi kontemplatif maupun peneliti. Aku juga sangat tertarik, terutama, bagaimana aktivitas biasa dalam kehidupan dapat berkontribusi terhadap keadaan pikiran, sehingga dapat meningkatkan mood,".

Peneliti dari Florida State University ini juga mengungkapkan, bahwa bukan mencuci piring saja yang dapat menurunkan stress, semua pekerjaan yang dalam proses pengerjaanya dinikmati dengan rasa bahagia, memiliki kemungkinan untuk mengurangi rasa stres pada pikiran. (Kumparan)


Editor :
Sadam

Berita Terkait
    BPBD
    riset-JSI
    pna
    Komentar Anda