Beranda / Pertahanan dan Keamanan / 129.923 Personel Siap Amankan Nataru, Polri Imbau Masyarakat Jaga Persatuan

129.923 Personel Siap Amankan Nataru, Polri Imbau Masyarakat Jaga Persatuan

Senin, 18 Desember 2023 18:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho mengatakan, sebagaimana instruksi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, pengamanan Nataru kali ini dilakukan dalam suasana berbeda. Sebab, bersamaan dengan tahapan Pemilu 2024. [Foto: Humas Polri]


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Polri mengatakan ada 129.923 personel TNI dan Polri untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) melalui Operasi Lilin 2023/2024 yang diselenggarakan sejak 22 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024.

Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho mengatakan, sebagaimana instruksi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, pengamanan Nataru kali ini dilakukan dalam suasana berbeda. Sebab, bersamaan dengan tahapan Pemilu 2024.

“Jenderal Sigit pun telah berpesan bahwa seluruh masyarakat tetap harus bersama-sama mengedepankan persatuan dan kesatuan, meski perbedaan ada di antara kita semua. Namun, Polri, TNI, dan stakeholder terkait memastikan kesiapan pengamanan Nataru dan tahapan pemilu berjalan dengan baik,” ujar Sandi melalui keterangannya, Senin (18/12/2023).

Dari Operasi Lilin yang akan digelar, Sandi mengatakan menjelang satu pekan perayaan Natal, maka akan ada puncak arus kendaraan pada 22-23 Desember 2023 dan arus balik pada 26-27 Desember 2023. Oleh karenanya, Polri telah menyiapkan rekayasa lalu lintas, mulai dari contra flow, maupun one way.

“Divisi Humas Polri melalui Satgas Humas dalam Operasi Lilin 2023 melaksanakan kegiatan operasi mulai dari tahapan pengawalan, pelaksanaan hingga pengakhiran dalam pelaksanaan Operasi Lilin 2023,” kata Sandi.

Dia mengatakan, dalam operasi ini, personel Humas Polri harus memperkuat sinergitas bersama stakeholder lain. Selain itu, memasifkan sosialisasi aturan yang berlaku selama libur Nataru.

Menurut Sandi, Polri juga akan menyediakan fasilitas lokasi lahan parkir di kantor polisi bagi pemudik yang mau menitipkan kendaraannya. Tentunya, masyarakat juga diimbau menjaga keselamatan selama perjalanan mudik dan perayaan tahun baru. [*]

Keyword:


Editor :
Indri

riset-JSI
Komentar Anda