Beranda / Berita / Nasional / Kominfo Helat AMCD, Diskominsa Aceh Lima Besar Nasional Media Center Terbaik Kategori Berita

Kominfo Helat AMCD, Diskominsa Aceh Lima Besar Nasional Media Center Terbaik Kategori Berita

Senin, 26 September 2022 23:55 WIB

Font: Ukuran: - +

Direktur Pengelolaan Media, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Nursodik Gunarjo, saat memberikan sambutan pada acara Anugrah Media Center Daerah 2022 di Tangerang Selatan, Banten, Senin (26/9/2022). [Foto: Agus Siswanto/InfoPublik]


DIALEKSIS.COM | Nasional - Direktur Pengelolaan Media, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Nursodik Gunarjo, mengatakan peran media center daerah sangat besar terutama dalam memenuhi kebutuhan masyarakat atas informasi.

Menurutnya, pemerintah pusat tidak akan mampu melayani kebutuhan informasi masyarakat dari seluruh daerah mulai dari Sabang sampai Merauke. Perlu peran serta media center daerah sebagai ujung tombak dari komunikasi publik.

“Tentu saja salah satu yang menjadi ujung tombak dari komunikasi publik itu adalah media center. Komunikasi publik tidak akan bisa dilaksanakan oleh pemerintah pusat saja, karena kita melayani seluruh rakyat Indonesia yang berada dari Sabang sampai Merauke, Karena itu tentu saja membutuhkan media center yang ada di daerah. Peran serta dari media center yang ada di daerah itu sangat besar terutama dalam hal memenuhi hak publik terhadap informasi,“ kata Direktur Pengelolaan Media (PM), Nursodik Gunarjo, saat memberikan sambutan pada acara Anugrah Media Center Daerah (AMCD) 2022 di Tangerang Selatan, Banten, Senin (26/9/2022).

Dijelaskan Nursodik, jika kebutuhan masyarakat akan informasi dapat terpenuhi, maka penyelenggaraan pemerintahan yang baik atau good governance akan bisa semakin cepat tercapai.

Diungkapkannya, saat ini banyak sekali berita-berita yang tidak benar atau bohong. Fenomena itu harus diantisipasi oleh media center di daerah dan di pusat. Semua harus berfikir ke depan bahwa komunikasi harus mampu mendidik dan mencerdaskan masyarakat.

“Saya kira fenomena-fenomena semacam itu juga harus diantisipasi oleh para penyelenggara komunikasi publik, baik di pusat maupun di daerah. Ke depan itu akan segera bergeser untuk menjadi komunikasi yang sifatnya lebih kepada komunikasi digital. Itu mohon sekali lagi untuk dipertimbangkan,” ujarnya melansir InfoPublik.id.

Selain itu, ia berpesan agar media center di daerah tidak hanya berpacu menjadi yang terbaik berdasarkan banyaknya kontribusi berita dan foto. Namun juga menyesuaikan dari agenda setting yang telah ditetapkan dalam rapat redaksi.

“Kuantitas penting tetapi bukanlah segala-galanya namun juga nantinya berupaya dapat meningkatkan kualitas dan juga satu hal yang sangat penting adalah bagaimana menyesuaikan dari agenda setting media center,” sebutnya.

Ke depan media center juga harus menyesuaikan dengan agenda setting nasional, "Pesan-pesan yang disampaikan Media center itu jika sesuai dengan agenda setting nasional, maka saya kira nanti akarnya adalah menuju ke narasi tunggal," pungkas Nursodik.

Selanjutnya »     Berikut Daftar Penerima Penghargaan Medi...
Halaman: 1 2
Keyword:


Editor :
Indri

riset-JSI
distanbun 12
Komentar Anda