Logo Dialeksis - Masker
utu pangdam
Beranda / Berita / Nasional / Menag Harap Protokol Kesehatan Jemaah Umrah Segera Terbit

Menag Harap Protokol Kesehatan Jemaah Umrah Segera Terbit

Kamis, 10 September 2020 09:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Menteri Agama Fachrul 


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan sedang melakukan pembahasan pedoman protokol kesehatan bagi jemaah umrah dan haji. 

Menag Fachrul Razi berharap pedoman tersebut bisa segera terbit. "Pedoman ini diharapkan dapat diterbitkan dalam waktu dekat," ujar Menag saat Raker dengan Komisi VIII DPR di Jakarta, Selasa (08/09).

Menurut Menag, pedoman protokol kesehatan ini akan menjadi rujukan serta wajib ditaati oleh Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan seluruh jemaah jika Arab Saudi sudah membuka kembali kunjungan ibadah umrah dari Indonesia.

Menag mengatakan bahwa pihaknya saat ini masih menunggu keputusan pemerintah Saudi. Berdasarkan hasil koordinasi Konsulat Jenderal RI di Jeddah dengan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi pada 3 September lalu, pembukaan ibadah umrah akan dilakukan dalam waktu dekat jika penerbangan internasional dari dan atau ke Arab Saudi sudah dibuka dan telah ditetapkannya protokol kesehatan oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi.

"Ketentuan protokol kesehatan bagi jemaah umrah saat ini masih dibahas dan dikoordinasikan Kemenkes Arab Saudi dengan pihak dan instansi terkait, termasuk Otoritas Penerbangan Sipil atau GACA sebagai pihak yang mengeluarkan regulasi penerbangan," jelas Menag.

Editor :
Zulkarnaini

BPMA pangdam
riset-JSI
Komentar Anda
syamsul rizal hari guru