Beranda / Berita / Nasional / Pasangan Capres Cawapres Diumumkan, IHSG Menguat ke Level 6.090,5

Pasangan Capres Cawapres Diumumkan, IHSG Menguat ke Level 6.090,5

Jum`at, 10 Agustus 2018 17:07 WIB

Font: Ukuran: - +

Ilustrasi. (Kontan)

Dialeksis.com - Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini dibuka menguat 25,25 poin seiring berkurangnya ketidakpastian sentimen politik di dalam negeri. Salah satu ketidakpastian sentimen politik yang mulai berkurang adalah soal pengumuman calon presiden dan calon wakil presiden (capres dan cawapres) untuk pemilihan presiden 2019.

IHSG pada hari Jumat ini dibuka menguat 25,25 poin atau 0,42 persen menjadi 6.090,50. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak naik 5,20 poin atau 0,54 persen menjadi 965,35.

Analis senior CSA Research Institute Reza Priyambada menyebutkan, penguatan IHSG tak lepas setelah muncul kepastian nama calon presiden beserta wakilnya diumumkan. "Sentimen berkaitan dengan politik di pasar keuangan domestik cenderung berkurang sehingga IHSG menguat," ujarnya, Jumat, 10 Agustus 2018.

Pergerakan IHSG, menurut Reza, dipengaruhi oleh nama-nama yang telah muncul dalam pasangan calon presiden dan wakil presiden. "Situasi itu mengurangi ketidakpastian," katanya.

Meski begitu, kata Reza, sentimen politik diharapkan tidak banyak mempengaruhi pergerakan IHSG. Sejumlah pihak juga diperkirakan akan memanfaatkan kenaikan harga saham untuk mengambil posisi aksi ambil untung. Jika kondisi bursa saham global kembali melemah maka IHSG pun terbuka peluang untuk kembali bergerak ke area negatif.

Analis Panin Sekuritas William Hartanto mengatakan pengumuman calon pasangan presiden selain berimbas positif terhadap IHSG, tapi juga penting bagi investor sebagai acuan kebijakan investasi ke depannya. "Selanjutnya, investor menanti program kerja dari masing-masing calon. Harapannya, program infrastruktur masih akan terus berlanjut," katanya. (Tempo)

Keyword:


Editor :
Sammy

riset-JSI
Komentar Anda