BPKA
Beranda / Berita / Nasional / Tenaga kesehatan Ingin Divaksin Bisa Registrasi Via WhatsApp

Tenaga kesehatan Ingin Divaksin Bisa Registrasi Via WhatsApp

Sabtu, 16 Januari 2021 10:00 WIB

Font: Ukuran: - +


Ilustrasi Whatsapp [Dok. Pixabay]

DIALEKSIS.COM | Jakarta - Tenaga kesehatan yang ingin diberikan vaksin virus corona (Covid-19) disediakan layanan registrasi lewat aplikasi pesan singkat WhatsApp di nomor 081110500567. 

Mengutip situs kemkes.go.id, layanan itu ditujukan untuk mempermudah registrasi vaksinasi untuk daerah mana pun.

"Setelah terverifikasi, tenaga kesehatan dapat mendaftarkan diri untuk membuat janji di fasilitas kesehatan sekitar dan mendapatkan konfirmasi terkait waktu dan tempat pelaksanaan vaksin," mengutip situs kemkes.go.id.

"Jika tenaga kesehatan tidak terdaftar, proses registrasi juga dapat dilakukan melalui chatbot,".

Vice President Kebijakan dan Komunikasi WhatsApp, Victoria Grand menyampaikan bahwa Kolaborasi WhatssApp dengan pemerintah Indonesia terkait Vaksinasi Covid-19 menjadi yang pertama kali di dunia.

Victoria mengatakan data pribadi setiap tenaga kesehatan yang registrasi via WhatsApp akan dijamin keamanannya.

"Kami berharap tim medis yang telah dengan sangat berani berada di garda terdepan selama hampir satu tahun, akan mendapat proses yang aman dan mudah dalam mendaftarkan diri untuk mendapatkan vaksin," kata Victoria Grand.

Tenaga kesehatan calon penerima vaksinasi Covid19 bisa langsung mengirimkan pesan ke nomor 081110500567 itu dengan mengetik kata kunci 'Vaksin'. Setelah itu akan ada konfirmasi bahwa penerima vaksinasi adalah tenaga kesehatan.

Tenaga kesehatan calon penerima vaksinasi lalu akan diminta mengirimkan 6 angka terakhir Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk mendaftar. Tenaga kesehatan akan menerima konfirmasi lokasi vaksinasi.

Langkah selanjutnya akan dilakukan konfirmasi mengenai kondisi Kesehatan untuk memastikan bahwa peserta akan dapat menerima vaksin.

Berikutnya Chatbot akan membagikan jadwal vaksin untuk dikonfirmasi. Setelah itu tiket QR code akan dibagikan Bersama dengan video bagaimana cara kerja vaksin.

Para tenaga kesehatan juga dapat mengecek nama mereka di situs pedulilindungi.id. Jika belum terdaftar, sasaran diminta segera mengajukan program vaksinasi dengan mengirimkan data diri ke email vaksin@pedulilindungi.id.

Selain melalui WA, Kementerian Kesehatan juga menyediakan channel registrasi vaksinasi COVID melalui SMS Blast PEDULICOVID, Website pedulilindungi.id, melalui email vaksin@pedulilindungi.id, call/UMB *119# dan Hotline Vaksinasi COVID-19 119 Ext 9. (CNN Indonesia)


Keyword:


Editor :
Fira

dinas pendidikan idul fitri
riset-JSI
isbi aceh
Komentar Anda