Beranda / Gaya Hidup / Olah Raga / Tampil Perdana di POPDA Petanque Sudah Membudaya di Aceh

Tampil Perdana di POPDA Petanque Sudah Membudaya di Aceh

Rabu, 10 Juli 2024 08:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Baga
Bibit atlet Petanque di Aceh mulai bermunculan, event POPDA di Aceh Timur, 2024 sudah membuktikan olahraga bola besi ini sudah membudaya di Serambi Mekkah (foto/ For Dialeksis.com)

DIALEKSIS.COM| Aceh Timur- Cabang olahraga bola besi ahirnya benar-benar membudaya di Aceh, setelah resmi dipertandingkan pada event PORA di Pidie, kini untuk tingkat pelajar cabang olahraga petanque ini juga sudah diperlombagakan.

“Kita bersyukur pada pemerintah Aceh yang sudah mengambil kebijakan, mengikut sertakan olahraga petanque di event pelajar yang diselenggarakan di Aceh Timur,” sebut Abdurahaman, ketua Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Aceh, menjawab Dialeksis.com, via selular, Rabu (10/07/2024).

Olahraga yang mengandalkan konsentrasi, kelenturan tangan dalam melempar bola besi ini mendapat restu dari 20 Kadispora Kabupaten, Kota dan 22 Pengkab FOPI Aceh untuk dipertandingkan pada event Popda A ke XVII/2024 di Lapangan Petanque ISC Aceh Timur, 7 sampai 10 Juli.

Di Popda ini, 5 nomor yang dipertandingkan, yaitu Shooting Man, Shooting Woman, Single Man, Single Woman dan Double Mix. Ada 19 kabupaten kota yang ikut ambil bagian dalam ajang peraih bakat ditingkat pelajara ini.

Sebelumnya, menurut Rahman, ada 22 kabupaten kota yang mendaftarkan diri, namun hingga digelarnya pesta olahraga untuk pelajar ini, hanya dihadiri 19 tim dari kabupaten/kota, sementara Aceh Besar, Aceh Barat, Gayo Lues dan Subulussalam, tidak ikut ambil bagian.

“Alhamdulilah event ini sukses, semoga sampai finis semuanya berjalan lancar. Sudah ada beberapa cabang yang selesai dan telah muncul sang juara, sudah terlihat bibit petanque terlahir kembali di Aceh,” sebut Dosen Olahraga di USK ini.

Hasil pertandingan Cabang Olahraga Petanque pada POPDA XVI/2024 Aceh Timur, Senin 8 Juli 2024, untuk nomor Nomor Single Woman, Aceh Utara dengan atletnya Puput Melati meraih juara pertama, disusul Pidie (Zaskia Kirana) diperingkat kedua dan juara bersama Bireuen (Syifa Shadra) dan Aceh Jaya (Hafidzah Azzahra).

Untuk nomor Shooting Man, Kevin Fico Aurelius dari Banda Aceh meraih juara pertama, disusul Afrizal Conary Z dari Aceh Barat Daya dan juara ketiga bersama Ihwaldi Damara dari Aceh Selatan dan Ulul Azmi dari Pidie.

Semula direncanakan pertandingan ini akan berlangsung sampai sore hari, namun pertandingan ini tidak dapat dilanjutkan karena perlengkapan penerangan di lapangan Petanque Idi Sport Centre Kab Aceh Timur, tidak tersedia dan harus dilanjutkan pada esok harinya. Pada hari ini Rabu, 10 Juli 2024 akan dipertandingkan Nomor Double Mix.

Abdurahman sangat bersukur atas kebijakan Pemerintah Aceh yang sudah menggelar Cabor Petanque di event Popda, sudah mulai bermunculan generasi penerus olahraga bola besi dan bola kayu di Bumi Serambi Mekkah.


Keyword:


Editor :
Redaksi

kip
riset-JSI
Komentar Anda