Beranda / Pemerintahan / Ragam Penghargaan dan Prestasi Pj Walikota Bakri Siddiq Sejak Pimpin Banda Aceh

Ragam Penghargaan dan Prestasi Pj Walikota Bakri Siddiq Sejak Pimpin Banda Aceh

Selasa, 23 Mei 2023 15:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Nora

Pj Wali Kota Banda Aceh, Bakri Siddiq dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Hamdani Basyah yang membawa pulang Piala Adipura dan diarak keliling kota dan disambut di Taman Bustanussalatin (Taman Sari). [Foto: Pemko Banda Aceh]


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Genap sudah 10 bulan Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Bakri Siddiq SE, MSI menjabat sebagai Penjabat (PJ) Wali Kota Banda Aceh usai dilantik oleh Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki pada 7 Juli 2022 lalu.

Selama menjadi orang nomor satu di Banda Aceh, Bakri Siddiq telah mengukir sejumlah penghargaan dan prestasi dalam membenah Kota Banda Aceh menjadi lebih baik lagi.

Dari berbagai informasi dan data yang dihimpun Dialeksis.com, berikut deretan penghargaan yang diraih Pj Walikota Banda Aceh Bakri Siddiq sejak Juli 2022-sekarang.

1. Penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2022 Kategori Nindya (22/7/2022).

Penghargaan KLA diserahkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Bintang Puspayoga kepada Pj Wali Kota Banda Aceh, Bakri Siddiq di aula hotel Novotel Bogor Golf Resort and Convention Center, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (22/7/2022).

KLA adalah penghargaan yang diberikan oleh Kementerian PPPA kepada kabupaten/kota yang memiliki sistem pembangunan hak dan perlindungan khusus anak secara menyeluruh, berkelanjutan, dan terencana. Penghargaan KLA dibagi menjadi beberapa tingkatan, yaitu tingkat Pratama, Madya, Nindya, dan Utama.

2. Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih yang digagas Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) (5 September 2022).

Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) 5 September 2022 di Jakarta. Penghargaan tersebut sebagai wujud apresiasi Mendagri kepada Pemerintah Kota Banda Aceh yang telah sukses melaksanakan program Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih yang digagas Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) selama sejak 1 hingga 31 Agustus 2022 dalam rangka menyemarakkan HUT kemerdekaan ke- 77 RI.

3. Pelopor Kota Layak Anak (KLA) Tingkat Nindya (7/8/22).

Penghargaan tersebut di berikan langsung Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki, dalam momen memperingati Puncak Hari Anak Nasional Provinsi Aceh Tahun 2022 yang berlangsung di Gunongan Putroe Phang Aceh, Minggu (7/8/22).

4. Penghargaan sebagai kabupaten/kota yang berhasil melakukan Tingkat Vaksinasi PMK Terbaik (19/08/2022).

Penghargaan itu diserahkan oleh Sekda Aceh Taqwallah mewakili Pj Gubernur Aceh yang diterima langsung oleh Sekda Kota Banda Aceh Amiruddin, di sela sela acara Rapat Kerja (Raker) Sekda se Aceh di Kantor Gubernur, Jumat (19/08/2022).

Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan sebagai Kota dengan tingkat vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK ) terbaik.

5. Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama 10 tahun secara berturut-turut atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2012 “ 2021 (22 September 2022).

Penghargaan ini diberikan oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia pada 22 September 2022 di Jakarta.

Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atau unqualified opinion artinya menyatakan bahwa laporan keuangan entitas yang diperiksa, menyajikan secara wajar dalam semua hal yang material, posisi keuangan, hasil usaha, dan arus kas entitas tertentu sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia.

6. Penghargaan apresiasi pembinaan Program Kampung Iklim(ProKlim) tahun 2022 (28/10/2022).

Piagam apresiasi pembinaan ProKlim tahun 2022 di diserahkan Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar kepada Pemerintah Kota Banda Aceh diwakili oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Hamdani Basyah di aula Rimbawan I gedung Manggala Wanabakti, Senayan, Jakarta (28/10/2022).

Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi dalam pelaksanaan aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

7. Penghargaan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Award 2022 (11 November 2022).

Penghargaan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Award diterima Bakri Siddiq pada malam penganugerahan jurnalistik organisasi para pemilik/pengelola media tersebut di Anjong Mon Mata, Jumat, 11 November 2022.

Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan penilaian terhadap tokoh yang memiliki komitmen dalam membangun daerah serta memiliki perhatian dan sumbangsih terhadap Perusahaan Pers baik di kabupaten maupun provinsi.

8. Penghargaan Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Terbaik 2022 (22 Desember 2022).

Penghargaan tersebut diberikan oleh Ombudsman Republik Indonesia pada 22 Desember 2022 di Hotel Bidara, Jakarta. Penghargaan ini berdasarkan periode observasi Agustus-November 2022 pada tujuh unit layanan di lingkungan Pemko Banda Aceh.

9. Mendapatkan 28 poin pada evaluasi Triwulan I Pj Wali Kota Banda Aceh (Desember 2022)

Penghargaan tersebut diberikan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI pada Desember 2022. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengevaluasi 71 penjabat (Pj.) kepala daerah yang telah dilantik dan jatuh tempo masa evaluasinya. Adapun evaluasi pj kepala daerah ini dilakukan per tiga bulan sekali atau per triwulan. Adapun Pj. Walikota Banda Aceh memperoleh nilai tertinggi diantara seluruh PJ Bupati/Walikota di Aceh.

10. Lencana Produktivitas dari Pemerintah Aceh (19/12/2022)

Penghargaan tersebut diberikan oleh Pemerintah Aceh pada Malam Penganugerahan Siddhakarya Tahun 2022, di Aula Sigli, Kyriad Muraya Hotel, Senin (19/12/2022) malam. Banda Aceh dinilai peduli dan berprestasi dalam meningkatkan produktivitas di daerah.

11. Penghargaan Koperasi Kategori Sehat (20/1/2023).

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Kadis Koperasi dan UKM (Diskopukm) Aceh Azhari di Aula Dinas Kopukm Aceh, Jumat (20/1/2023) kepada Pj Wali Kota Banda Aceh diwakili M Nurdin. Penghargaan tersebut merupakan bentuk kinerja Pemko Banda Aceh yang aktif membina Koperasi Simpan Pinjam di ibukota Provinsi Aceh ini.

12. Penghargaan Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2022 (Opini Penilaian Kualitas Tertinggi dengan nilai 90,52) (22 Februari 2023).

Penghargaan ini diberikan oleh Ombudsman Republik Indonesia pada 22 Februari 2023 di Banda Aceh. Opini pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik dari Ombudsman ini,berdasarkan periode observasi Agustus- November 2022 pada tujuh Perangkat Daerah (OPD) dan unit layanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh.

13. Piala Adipura 2022 kategori kota sedang (28 Februari 2023).

Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI pada 28 Februari 2023 di Jakarta.

Adipura merupakan sebuah prestasi menggembirakan bagi setiap kota di Indonesia. Bukan hanya prestasi saja, Adipura juga menjadi prestise dan lambang kesuksesan -dambaan setiap kota di Indonesia.

14. Penghargaan Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Terbaik 2022 (04 Maret 2023).

Piagam penghargaan telah diserahkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Aceh A. Hanan kepada Sekdako Banda Aceh Amiruddin.

Berdasarkan Undang-Undang nomor 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang, disebutkan bahwa proporsi RTH pada suatu daerah paling sedikit 30 persen

dari total luas wilayah, yang terdiri 20 persen RTH publik dan 10 persensektor privat.

15. Digital Government Award SPBE Summit 2023 Kategori Penguatan Kebijakan SPBE (20 Maret 2023).

Pengahrgaan tersebut diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) RI 20 Maret 2023 di Jakarta.

Penghargaan tersebut diberikan pemerintah pusat atas peningkatan indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang diterapkan Pemko Banda Aceh.

Berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan KemenPANRB sedari Agustus 2022, indeks SPBE Banda Aceh mencapai 3,15 poin dengan predikat Baik.

16. Pemerintah Kota Banda Aceh meraih prestasi penghargaan bergengsi sebagai pemerintah daerah kabupaten kota dengan kinerja terbaik di provinsi.

Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan hasil pengawasan kearsipan tahun 2022 oleh Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto.

Keyword:


Editor :
Alfi Nora

riset-JSI
Komentar Anda