Logo Dialeksis
Beranda / Berita / Aceh / Bursa Inovasi Desa Diharapkan Mampu Perluas Pemasaran Produk Desa

Bursa Inovasi Desa Diharapkan Mampu Perluas Pemasaran Produk Desa

Rabu, 28 Agustus 2019 07:10 WIB

Font: Ukuran: - +

Pertunjukan kesenian tradisional Aceh Grup Rapai Genta Aceh asal Gampong Pante Ranub saat pembukan Bursa Inovasi Desa se-Kecamatan Jangka, Bireuen. [FOTO: Dialeksis.com]

DIALEKSIS.COM | Bireuen - Pembukaan Bursa Inovasi Desa (BID) se-Kecamatan Jangka, Bireuen, yang dilangsungkan di Gedung Serba Guna Kecamatan setempat, Selasa (27/8/2019) berlangsung meriah. 

Pada pembukaan tersebut, ditampilkan kesenian tradisional Aceh Grup Rapai Genta Aceh asal Gampong Pante Ranub memukau seluruh peserta yang mengikuti acara.

Wakil Bupati Bireuen Muzakkar A Gani yang membuka secara resmi BID Jangka kepada seluruh perwakilan gampong peserta acara tersebut mengharapkan kegiatan Bursa Inovasi Desa harus mampu meningkatkan produksi produk-produk desa.

"Di samping itu melalui Bursa Inovasi Desa juga harus memperluas jangkauan pemasaran produk desa serta mampu melahirkan inovasi baru desa," kata Muzakkar A Gani.

Sementara itu Camat Jangka Alfian mengatakan tujuan pelaksanaan Bursa Inovasi Desa yang kelola Tim Inovasi Desa Kecamatan adalah sebagai agenda sosialisasi dokumen pembelajaran yang telah berhasil di desa-desa dan dapat dicontohkan oleh desa lainnya di Kecamatan Jangka.

Selanjutnya untuk dapat dikembangkan sesuai dengan potensi desa masing-masing dan untuk membuat inovasi-inovasi dalam rangka mewujudkan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, sehingga desa bisa maju, mandiri dan sejahtera.

Acara itu diikuti oleh keuchik, tuha peut, perwakiIan perempuan dari 46 gampong yang ada dalam Kecamatan Jangka, para mukim, unsur SKPD, tenaga ahli Kabupaten Bireuen, PLD, PDP, PDTI, TPID dan Staf Kantor Camat Peusangan dan narasumber tenaga ahli kabupaten. (faj)

Editor :
Makmur Emnur

riset-JSI
Komentar Anda