demokrat muslim
Beranda / Advertorial / Obat Herbal Tidak Sembarang Bisa Dikonsumsi Ibu Hamil, Walau Untuk Cegah Anemia

Obat Herbal Tidak Sembarang Bisa Dikonsumsi Ibu Hamil, Walau Untuk Cegah Anemia

Kamis, 01 Desember 2022 23:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Auliana Rizky
Ilustrasi ibu mengonsumsi tablet tambah darah. [Foto: Ist.]

DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Dosen Fakultas Kedokteran USK, dr. RM. Agung Pranata, M.Biomed menyampaikan agar ibu hamil jangan sembarang mengonsumsiobat atau jamu herbal untuk mencegah anemia.

Demi menjaga kesehatan janin, ibu hamil harus menghindari makanan atau minuman tertentu yang tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan. Biarpun jamu mengandung bahan herbal alami, ada beberapa yang dilarang untuk dikonsumsi selagi hamil.

Seperti, banyak manfaat kandungan kurkumin yang ada di dalam kunyit. Namun, karena kandungan kurkumin pula, jamu kunyit untuk ibu hamil menjadi tidak aman. Kurkumin di dalam jamu kunyit mampu mengubah hormon estrogen dalam tubuh sehingga menyebabkan kontraksi rahim dan pendarahan.

Mengonsumsi jamu kunyit asam dalam jumlah yang banyak akan memicu keguguran atau kelahiran prematur. Jadi, kunyit merupakan jamu yang tidak boleh untuk ibu hamil.

Untuk itu, batasi asupan kunyit dalam bentuk apa pun, mulai dari jamu herbal, kapsul, atau obat lainnya. Lebih baiknya lagi, konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mulai mengonsumsinya.

"Mengingat upaya pencegahan anemia juga pada ibu hamil dan ibu hamil pun merupakan target intervensi pemerintah dalam pemberian suplementasi tambah darah, maka sebaiknya konsumsi obat herbal dikosultasikan dengan dokter," jelas dr Agung.

Selanjutnya »     "Setiap ada ibu hamil yang tercatat, mak...
Halaman: 1 2
Keyword:


Editor :
Indri

dispora, ksp, perpadi
Komentar Anda