Beranda / Berita / Menuju World Class University, USK Kirim 19 Mahasiswa Ikut Pertukaran Mahasiswa di Malaysia

Menuju World Class University, USK Kirim 19 Mahasiswa Ikut Pertukaran Mahasiswa di Malaysia

Selasa, 27 Februari 2024 13:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Nora

Universitas Syiah Kuala (USK) secara resmi melepas 19 mahasiswa dan 2 dosen pendamping yaitu Dr. Nasrullah RCL, ST, MT, dan Talbani Farlian, SE., MA., AWP CFA untuk mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa di Malaysia, Senin (26 Februari 2024). Foto: for Dialeksis


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Universitas Syiah Kuala (USK) secara resmi melepas 19 mahasiswa dan 2 dosen pendamping yaitu Dr. Nasrullah RCL, ST, MT, dan Talbani Farlian, SE., MA., AWP CFA untuk mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa di Malaysia, Senin (26 Februari 2024).

Acara pelepasan ini menjadi tonggak sejarah bagi USK dalam mencapai status World Class University (WCU).

Program Pertukaran Mahasiswa ini akan berlangsung selama dua minggu, dari 26 Februari hingga 12 Maret 2024, melibatkan kolaborasi dengan institusi ternama seperti DRB-HICOM University Automotive Malaysia, Universiti Sains Malaysia, dan Ummatic Festival 3.0 di Ipoh, Perak.

Ketua Equity-WCU USK, Prof. Dr. Mukhsin Umar, menyampaikan para mahasiswa USK akan terlibat dalam kegiatan seperti International Joint Seminar, mengikuti kelas di luar negeri, layanan masyarakat internasional, kolaborasi penelitian dengan mahasiswa internasional, serta pembicaraan organisasional global untuk mahasiswa berwirausaha.

"Program ini bukan hanya milik satu program studi, namun kedepan ada sekitar enam program studi lain, termasuk Fakultas Ekonomi dan Fakultas MIPA, juga akan mengirimkan mahasiswa ke luar negeri," kata Prof Mukhsin kepada Dialeksis.com, Selasa (27/2/2024). 

Pendanaan untuk pertukaran mahasiswa ini berasal dari bantuan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan. Prof. Dr. Mukhsin Umar juga menyoroti rencana ke depan untuk menerima dan mengirimkan lebih banyak mahasiswa asing ke USK, sebagai langkah memperluas kerjasama internasional.

"Targetnya, para mahasiswa yang berpartisipasi dapat menjadi duta yang baik bagi USK di tingkat internasional, membawa pulang pengalaman berharga yang akan berkontribusi pada pengembangan akademik dan kultural universitas serta negara," tambahnya.

Para mahasiswa yang terlibat dalam program ini juga memiliki misi khusus, yaitu membawa minimal 10 mahasiswa asing dari Malaysia ke USK, sebagai bagian dari strategi USK dalam memperluas kerjasama internasional dan memperkaya pengalaman akademis mahasiswanya.

Dengan penerimaan mahasiswa ini, USK semakin optimis menuju status World Class University dan meningkatkan reputasi di kancah internasional. Program pertukaran mahasiswa ini diharapkan dapat menjadi langkah awal menuju pencapaian prestasi lebih tinggi bagi USK.

Keyword:


Editor :
Alfi Nora

riset-JSI
Komentar Anda