Beranda / Berita / Dunia / Komedian Volodymyr Zelensky Memenangkan Pemilihan Presiden Ukraina

Komedian Volodymyr Zelensky Memenangkan Pemilihan Presiden Ukraina

Senin, 22 April 2019 19:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Volodymyer Zelensky, seorang selebritas sekaligus komedian Ukraina, berhasil memenangi pemilihan presiden secara mengejutkan pada Minggu (21/4/2019). (Foto: Reuters/Valentyn Ogirenko)

DIALEKSIS.COM | Ukraina - Pemilihan presiden rupanya tidak hanya terjadi di Indonesia, Ukraina juga telah memilih presiden baru yang diumumkan pada Minggu (21/4/2019). 

Volodymyr Zelensky, seorang selebritas sekaligus komedian Ukraina, berhasil memenangi pemilihan presiden secara mengejutkan pada Minggu (21/4).

Pria 41 tahun itu berhasil mengalahkan rivalnya yang merupakan petahana, Presiden Petro Poroshenko, dengan meraih 73 persen suara.

Sementara itu, dari hasil rekapitulasi 85 persen suara nasional, Poroshenko hanya mendapat 24,4 persen dukungan.

Kemenangan Zelensky terbilang mengejutkan lantaran sejumlah pihak menganggap pencalonannya sebagai lelucon.

Dia tidak memiliki pengalaman berpolitik sama sekali. Satu hal yang Zelensky pernah lakukan dan mendekati politik adalah ketika dirinya berperan sebagai seorang presiden dalam sebuah serial televisi berjudul "Servant of the Pople."

Kini, dia benar-benar mengambil alih kepemimpinan negara berpenduduk 45 juta jiwa itu secara nyata.

"Saya tidak akan pernah mengecewakan kalian," kata Zelensky kepada para pendukung di markas kampanyenya seperti dikutip AFP, Minggu (21/4).

"Saya bisa memberi tahu semua negara bekas Uni Soviet, 'Lihat kami! Semua hal itu mungkin!'"

Zelenksy akan menghadapi tantangan dalam memimpin Ukraina untuk setidaknya lima tahun ke depan. Ukraina merupakan negara yang cukup bergantung pada bantuan internasional, terutama dalam menghadapi kelompok separatis pro-Rusia. (cnn Indonesia)


Editor :
Indri

riset-JSI
Komentar Anda