Beranda / Berita / Nasional / Hasil Survei LSI Denny JA, Jokowi - Maruf Masih Unggul Dua Digit

Hasil Survei LSI Denny JA, Jokowi - Maruf Masih Unggul Dua Digit

Rabu, 03 April 2019 12:36 WIB

Font: Ukuran: - +


Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa (kiri) didampingi  (Foto:  AKTUAL/Tino Oktaviano)


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Elektabilitas Capres - Cawapres nomor urut 01 Jokowi - Maruf Amin berada di posisi 56,8 persen hingga 63,2 persen.

Sedangkan, Capres - Cawapres Nomor Urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno sebesar 36,8 persen hingga 43,2 persen.

Elektabilitas tersebut diperoleh dari survei yang dilakukan oleh lembaga Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA periode 18 hingga 26 Maret 2019.

Meski begitu, mengapa survei LSI Denny JA kini menggunakan rentang dalam elektabilitas?

Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa menjelaskan hasil elektabilitas tersebut karena memperhitungkan margin of error dan asumsi golput. Margin of error dalam survei itu kurang lebih 2,8 persen.

"Kita menggunakan asumsi bahwa golput terjadi secara proporsional artinya bahwa dia yang golput baik itu yang di pasangan 01 maupun di 02 itu jumlahnya sama sehingga memang tidak mengubah hasil akhir dari perolehan masing-masing kandidat," kata Ardian di Kantor LSI, Jalan Pemuda, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Selasa (2/4/2019).

Ardian mengungkapkan bahwa golput secara proporsional yang dimaksud ialah pemilih salah satu kubu yang tidak datang ke tempat pemungutan suara (TPS).

LSI mengamati golput yang terjadi di berbagai sejumlah Pilkada atau Pilpres baik di daerah maupun luar negeri, dari 100 persen ada 90 persen yang terjadi golput proporsional dan 10 persen golput non-profesional.

"Kalkulasi ini dilakukan karena Pilpres tinggal 16 hari lagi. Diperlukan proyeksi elektabilitas dengan mempertimbangkan angka margin or error survei dan asumsi golput," jelasnya.

Metode survei tersebut dilakukan dengan cara multistage random sampling dengan melibatkan 1.200 responden. (suara.com)


Editor :
Pondek

riset-JSI
Komentar Anda