Beranda / Berita / Aceh / 2019 Penari Rapai Geleng Warnai HUT RI di Abdya

2019 Penari Rapai Geleng Warnai HUT RI di Abdya

Sabtu, 17 Agustus 2019 16:20 WIB

Font: Ukuran: - +

Penampilan tarian tradisional Rapai Geleng massal dalam memeriahkan HUT RI ke-74 di Abdya, Sabtu (17/8/2019). [FOTO: Suprian/Antara]

DIALEKSIS.COM | Blangpidie - Perayaan HUT RI ke-74 di Aceh Barat Daya (Abdya), Sabtu (17/8/2019), diwarnai dengan penampilan Rapai Geleng massal yang diikuti 2.019 remaja.

Pertunjukan salah satu tarian tradisional Aceh itu berlangsung di lapangan Persada Blangpidie, Abdya, usai pelaksanaan upacara bendera merah putih memperingati HUT RI.

Informasi dihimpun Dialeksis.com, pagelaran Rapai Geleng massal dalam rangka HUT RI tersebut digagas istri Bupati Abdya Akmal Ibrahim, Ny Ida Agustina bersama Dewan Kesenian Aceh (DKA) Abdya.

Antara menyebut, tarian Rapai Geleng massal itu diikuti oleh 2.019 orang remaja putra yang berasal dari 152 desa di sembilan kecamatan dalam Kabupaten Abdya. 

Protokoler upacara melalui pengeras suara juga menginformasikan, pagelaran Rapai Geleng massal dalam HUT RI tersebut mengambil thema "Gerakan Generasi Muda Abdya Anti Narkoba".

Tarian itu dikoordinir oleh Sekretari DKA Abdya, M Taufik, dan dibina oleh Staf khusus Bupati Abdya, Affan Ramli, dan Harmansyah dari BKAD Kabupaten.

Selanjutnya, pelaksanaan tarian massal tersebut menggunakan sumber Dana Desa tahun 2019, dimana tiap-tiap desa memplotkan anggaran untuk kesenian tersebut senilai Rp25 juta/desa. 

Sehingga, jika dikalkulasikan Rp25 juta dikalikan 152 desa, maka anggaran dana desa yang diperuntukkan kegiatan tarian massal itu mencapai Rp3,8 miliar.

Selain pagelaran tarian Rapai Geleng massal, panitia pelaksana HUT RI juga menampilkan marching band dan pembacaan hikayat tradisional Aceh (Peugah Haba) yang disampaikan oleh trubador Aceh Muda Balia.

Sebelumnya, upacara peringatan HUT RI ke-74 di Abdya yang diikuti ribuan peserta dari berbagai intansi di daerah itu berjalan lancar.  

Upacara detik-detik proklamasi Kemerdakaan RI yang berlangsung di lapangan bola kaki Persada Kota Blangpidie itu dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dengan inspektur upacara Bupati Abdya, Akmal Ibrahim.(me/Antara)

Keyword:


Editor :
Makmur Emnur

riset-JSI
Komentar Anda