Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Berita / Aceh / Amankan Pemilu 2019, TNI-Polri Gelar Apel Pasukan

Amankan Pemilu 2019, TNI-Polri Gelar Apel Pasukan

Jum`at, 22 Maret 2019 20:02 WIB

foto:berita

DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Aparat keamanan TNI dan Polri menggelar Apel Operasi Mantap Brata Rencong Tahun 2019 di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Jum'at (22/3). Apel pengamanan pemilu 2019 ini, dipimpin langsung Kapolda Aceh Irjen Drs Rio S Djambak dan Pangdam IM Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko ini 

Sejumlah penjabat unsur pimpinan TNI dan Polri hadir dalam apel yang diikuti oleh 453.133 personel TNI dan Polri tersebut.

Menkopolhukam Wiranto dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kapolda Aceh Irjen Drs Rio S Djambak mengatakan pemilu serentak tahun 2019 merupakan tonggak sejarah dalam pesta demokrasi Indonesia, karena dilaksanakan secara serentak 5 jenis pemilihan dalam waktu yang bersamaan.

Pada penyelenggaraan Pemilu 2019 ini, kata Kapolda, masih terdapat ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan yang mungkin akan menghambat kelancaran penyelenggaraan pemilu. 

“Kita ketahui bersama, Bawaslu dan Polri telah mengeluarkan indeks kerawanan yang diprediksi akan timbul dalam penyelenggaraan pemilu di setiap daerah. Pemetaan kerawanan ini meliputi sisi penyelenggaraan, sisi keamanan, dan ketertiban masyarakat. Oleh karena itu, saya mengajak seluruh stakeholders terkait untuk segera mengenali, menemukan, dan menetralisir hambatan-hambatan tersebut,” katanya.

Selaku institusi yang bertanggung jawab terhadap pengamanan jalannya pemilu, TNI-Polri, tambah Kapolda, akan mengambil tindakan tegas sesuai dengan aturan hukum yang berlaku bila menemukan adanya kerawanan dan hambatan yang akan mengganggu kelancaran jalannya penyelenggaraan pemilu. Sehingga, lanjut, Kapolda, tidak ada toleransi sekecil apapun bagi pihak-pihak yang akan mengganggu jalannya pemilu serentak tahun 2019.

“Pada hari ini, kita berkumpul bersama mengelar apel kesiapanTNI-Polri dan komponen bangsa lainnya dalam mengamankan pemilu serentak tahun 2019. Sebagai prajurit TNI-Polri kita sepenuhnya menyadari bahwa tugas mengamankan penyelenggaraan pemilu adalah kehormatan dan kebanggaan, karena sama nilainya dengan menjaga keutuhan bangsa atau menjamin terwujudnya keamanan dan ketertiban masyarakat,” katanya.

Untuk itu, Ia berharap seluruh prajurit TNI-Polri dan komponen masyarakat yang dilibatkan agar melaksanakan tugas dengan penuh dedikasi dan rasa tanggungjawab.

Apel gelar pasukan di lapangan Blang Padang diwarnai pemeriksaan alutsista seperti Helikopter TNI-Polri, anjing pelacak, dan sejumlah kendaraan lainnya, serta pasukan peserta apel oleh Kapolda Aceh, Pangdam IM dan didampingi para pejabat yang hadir dalam apel tersebut.





Editor :
Im Dalisah

universitas teuku umar
Komentar Anda