demokrat muslim
Beranda / Berita / Aceh / Apresiasi Seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum, Ini Pesan Kajati Aceh

Apresiasi Seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum, Ini Pesan Kajati Aceh

Kamis, 08 Desember 2022 17:00 WIB

Font: Ukuran: - +


Kepala Kejaksaan Tinggi Aceh, Bambang Bachtiar SH MH (kiri) dan Kepala Dinas Pendidikan Aceh Drs Alhudri MM (kanan) berfoto bersama dengan putra-putri Duta Pelajar Sadar Hukum Jenjang SMA/SMK. [Foto: for Dialeksis]


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Kepala Kejaksaan Tinggi Aceh Bambang Bachtiar, SH.,MH., mengapresiasi pelaksanaan seleksi duta pelajar sadar hukum jenjang SMA/SMK yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Aceh.  

Hal itu disampaikan Bachtiar pada Malam Penobatan Duta Pelajar Sadar Hukum Aceh 2022 yang berlangsung di Banda Aceh, Rabu (7/12/2022) malam.

“Ini adalah program cegah dini, sekarang lebih baik mencegah daripada menindaknya. Alhamdulillah kegiatan seperti ini di Indonesia hanya baru dilaksanakan di Aceh dan Kalimantan Timur,” kata Bachtiar.

Menurut Bachtiar, kegiatan penobatan ini adalah salah satu sarana yang dapat memperkuat karakter pelajar sebagai penerus bangsa yang unggul, berkualitas, berkebangsaan dan taat pada hukum yang berlaku.

Dia berharap penobatan tersebut dapat membekali para pelajar dari institusi pendidikan untuk tidak hanya memiliki pengetahun umum, tetapi juga pengetahuan tentang hukum dan selanjutnya menjadi sadar dan taat hukum yang berlaku di negara ini.

"Satu pelajaran yang bisa petik dari seleksi ini yaitu akan membuat dampak yang signifikan bagi siswa-siswi tentang pentingnya menyadari dan memahami bahwa upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah tidak hanya terfokus pada pencapaian kualitas akademik saja, akan tetapi juga menyangkut aspek non akademik, yaitu pemahaman tentang hukum," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Aceh Drs. Alhudri, MM dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut memiliki nilai strategis dalam rangka mendukung mutu dan kualitas pendidikan Aceh ke depannya nanti.

"Tentu ini kegiatan ini adalah tindak lanjut nota kesepahaman antara Disdik Aceh dan Kejati Aceh beberapa waktu lalu," kata Alhudri.

Alhudri berharap para Duta Pelajar Sadar Hukum tersebut dapat menjadi pelopor bagi masyarakat dan para siswa lainnya di daerah masing-masing.

Ia menginginkan agar penobatan tersebut terus berlanjut di masa yang akan datang, dengan konsep yang lebih meriah lagi.

"Kita berencana sekelas jambore dan dilaksanakan di kabupaten/kota, sehingga sadar hukum sampai ke sendi-sendi masyarakat," kata Alhudri.

Seleksi duta pelajar sadar hukum yang digelar Dinas Pendidikan Aceh bekerja sama dengan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Aceh itu dimenangkan oleh dua pelajar asal Kota Langsa, Hazel Nabil Aqila dan Nur Syafiqa. Keduanya terpilih sebagai Duta Pelajar Sadar Hukum Aceh tahun 2022.

Selain juara satu, panitia seleksi juga menetapkan juara II, III, harapan I dan harapan II.

Adapun juara II kategori putra dan putri diraih oleh Kabupaten Aceh Barat; Abrar Syifa Jusya dan Nasyila Salsabila.

Sementara juara III kategori putra dan putri diraih oleh Nagan Raya; Rahmad Dana dan Zofiola Kansha

Berikutnya, harapan I kategori putra diraih Banda Aceh dan kategori putri diraih Aceh Besar. Lalu, harapan II kategori putra diraih Aceh Besar dan kategori putri diraih oleh Simeulue.[]

Keyword:


Editor :
Akhyar

dispora, ksp, perpadi
Komentar Anda