Beranda / Berita / Aceh / BPS Aceh Besar Gelar Pelatihan Petugas Ubinan Tanaman Pangan 2018

BPS Aceh Besar Gelar Pelatihan Petugas Ubinan Tanaman Pangan 2018

Rabu, 31 Oktober 2018 13:15 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Aceh Besar - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Aceh Besar mengadakan pelatihan petugas ubinan tanaman pangan, mulai Senin (29/10) hingga Rabu (31/10).

Pelatihan ubinan ini diikuti oleh pegawai BPS Aceh Besar, yaitu staf, KSK (koordinator Statistik Kecamatan) dan juga mitra-mitra BPS Aceh Besar yang bertanggung jawab di kecamatan.

Hari pertama pelatihan diisi dengan paparan materi oleh instruktur daerah mengenai tata cara pemutakhiran, konsep dan definisi, pencacahan, dan sedikit materi mengenai pengolahan dan pada hari kedua pelatihan dilakukan tryout  ubinan dengan turun langsung ke lapangan yang dipandu oleh instruktur daerah, yaitu Ridhatullah Daud,SE, dengan pengawasan langsung dari Kabid Produksi BPS Provinsi Aceh, Irnanto, SE, MM. Pada praktek pelatihan ubinan kali ini, tanaman pangan yang diubin adalah tanaman padi.

Pada pembukaan yang berlangsung di Hotel Permata Hati, kepala BPS Kabupaten Aceh Besar, Teti Darmawati, SE dalam sambutannya menyampaikan bahwa Sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang mempunyai peranan cukup penting dalam perekonomian Indonesia.

Salah satu subsektor pertanian yang mempunyai peranan yang sangat strategis adalah subsektor tanaman pangan, yang meliputi tanaman padi dan palawija. Peranan penting subsektor tanaman pangan adalah dalam hal pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat Indonesia. Mengingat pentingnya peran subsektor tanaman pangan, dibutuhkan informasi mengenai produksi tanaman pangan yang akurat dan menggambarkan kondisi terkini. Salah satu informasi penting yang dibutuhkan dalam penghitungn produksi tanaman pangan adalah hasil per hektar (produktivitas) yang dikumpulkan secara rutin setiap subround melalui Survei Ubinan. Informasi pokok yang dikumpulkan melalui Survei Ubinan adalah data produktivitas (hasil per hektar) tanaman padi sawah, padi ladang, jagung, kedelai, kacang tanah, ubi kayu, dan ubi jalar.

Di akhir pelatihan dilakukan diskusi mengenai kasus-kasus yang mungkin terjadi di lapangan atau pengalaman-pengalaman di lapangan dalam melaksanakan survei ubinan tanaman pangan. (afr)



Keyword:


Editor :
Indri

riset-JSI
distanbun 12
Komentar Anda