dinas pendidikan ramamdhan
Beranda / Berita / Aceh / Ketua IDI Aceh: Siapkan Herd Immunity, Pandemi Belum Selesai

Ketua IDI Aceh: Siapkan Herd Immunity, Pandemi Belum Selesai

Minggu, 11 April 2021 10:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Hakim

Foto: Ist


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Aceh Dr. Safrizal Rahman, M.Kes, Sp. OT mengatakan masyarakat harus siapkan herd immunity dikarenakan masa Pandemi Covid-19 belum juga selesai, hari Minggu (11/04/2021).

Ia berkata,” secara nasional memang ada penurunan kasus, utamanya di kalangan medis, bisa jadi karena memang lebih dari 70 persen tenaga medis di Indonesia sudah di vaksin. Vaksinasi untuk seluruh target indonesia yaitu 180 juta populasi, sementara saat ini kita baru melakukan vaksin pada kurang dari 8 juta masyarakat, sehingga pencapaian herd imunity masih sangat jauh," jelasnya

Dirinya menambahkan, dalam perspektif kesehatan sebenarnya saat inilah kita harus bersiap untuk berbagai kemungkian, caranya dengan tetap melakukan Protokol Kesehatan (ProKes), mengiatkan proses vaksinasi sembari juga tetap melakukan test,” jelasnya.

Masih menurutnya,” Lonjakan kembali, seperti kasus di Brazil dan India harus jadi pelajaran bagi kita. apalagi mutasi baru terus di temukan. Terlalu dini kita mengatakan pandemi selesai, kalaupun kasus menurun mari kita menyikapinya dengan membuat benteng pertahanan,” ujar safrizal.

Karena itu Safrizal menjelaskan pengaruh vaksinasi dalam upaya pencegahan Covid-19 ini sebenarnya efektif mencegah berbagai penyakit lain, utamaya penyakit saluran pernafasan, artinya Prokes kesehatan harus menjadi budaya yang akan berdampak ganda bukan hanya untuk Covid-19 akan tetapi pada penyakit lain, bahkan lebih mengerikan seperti TBC.

Keyword:


Editor :
Redaksi

kesbangpol
riset-JSI
esdm ramadhan
Komentar Anda