Logo Dialeksis
Beranda / Berita / Aceh / Tingkatkan Pendapatan Daerah, Ini Langkah yang Dilakukan Pemko Banda Aceh

Tingkatkan Pendapatan Daerah, Ini Langkah yang Dilakukan Pemko Banda Aceh

Rabu, 11 Maret 2020 15:05 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Im Dalisah
Foto: Humas Banda Aceh

DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Walikota Banda Aceh menyebutkan produktifitas aset tidur, optimalisasi Pasar Newton, Pasar Aceh, revitalisasi Krueng Daroy hingga mendorong prestasi Persiraja naik ke Liga 1 menjadi langkah Pemko dalam mengoptimalkan pendapatan daerah.

“Seperti Persiraja, kita kerja keras tanpa APBK bisa berprestasi. Dengan main di Liga 1, puluhan ribu orang datang ke Banda Aceh menonton Persiraja. Seperti saat lawan Bhayangkara FC, banyak yang datang membelanjakan uangnya disini. Ini mendongkrak perekonomian masyarakat kota,” kata Aminullah pada acara peluncuran aplikasi online pelaporan dan penerimaan pembayaran pajak daerah, Selasa (10/3/2020), di Aula Lantai IV, Gedung Mawardy Nurdin Balai Kota Banda Aceh, seperti dikutip dari laman website resmi Pemko Banda Aceh.

Dari semua yang telah dilakukan, kata Aminullah, Banda Aceh saat ini terus memiliki statistik yang bagus. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tertinggi kedua nasional dengan angka 85,07. Naik dari tahun lalu diurutan ketiga (84,37). 

"Tahun ini hanya Jogjakarta yang IPM-nya diatas Banda Aceh, sedangkan Jakarta Selatan telah berhasil disalip dan saat ini berada dibawah Banda Aceh, yakni di peringkat ketiga," ucap dia.

Dalam kesempatan itu, Aminullah juga menyampaikan angka kemiskinan dan pengangguran yang terus menurun. Dari angka 7,72 %tahun 2015 lalu kini turun menjadi 7,22 % (data tahun 2019). Sementara angka pengangguran turun drastis menjadi 6,92 % dibandingkan dengan tahun 2015, yakni 12 %.

Pertumbuhan ekonomi Banda Aceh juga ditandai dengan semakin banyak tumbuhnya UMKM. Data yang disampaikan Wali Kota, UMKM di Banda Aceh saat ini sudah mencapai 12.012 UMKM, jauh meningkat dari tahun 2017 yang hanya 9.591 UMKM.

Wali Kota berharap seluruh pencapaian ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan. Semua stakeholder diminta terus berkontribusi demi mewujudkan Banda Aceh Gemilang dalam Bingkai Syariah. (Im)




Editor :
Im Dalisah

riset-JSI
Komentar Anda