dinas pendidikan ramamdhan
Beranda / Berita / Aceh / Ulama Kharismatik Pidie Jaya Abi Bidok Meninggal Dunia

Ulama Kharismatik Pidie Jaya Abi Bidok Meninggal Dunia

Selasa, 25 Agustus 2020 13:00 WIB

Font: Ukuran: - +

[Foto: Ist]


DIALEKSIS.COM | Pidie Jaya- Innalilahi wa innailahi rajiun, Seorang ulama kharismatik di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, Teungku Abi Syarifuddin Jalil atau biasa disapa Abi Bidok meninggal dunia, Senin (24/8/2020) sekitar pukul 10.00 WIB. Pimpinan Dayah Daruzzahidin Al-Istiqamatuddin Gampong Bidok Abi Bidok meninggal akibat komplikasi penyakit yang mendera tubuhnya dalam beberapa tahun terakhir.

“Tadi meninggal jam 10 pagi di rumahnya (senin,24/8/2020),” kata Razali, seorang sahabat Abi Bidok.

Ribuan warga melayat dan mensholati jenazah Abi Bidok di masjid Kompleks Dayah Istiqamatuddin Daruzzahidin. Jenazah ulama tasawuf itu dimakamkam di kompleks pesantrennya.

Pantauan media ini, ribuan masyarakat, alumni dan alim ulama juga tokoh agamawan, tokoh masyarakat termasuk para pejabat pemerintahan melayat ke tempat almarhum untuk melaksanakan salat jenazah yang dilaksanakan sesudah salat zuhur.

Hadir juga ke rumah almarhum, Almukarram Abu Tanjong Bungong, Waled Nuruzzahri dan beberapa ulama lainnya juga hadir, para pimpinan dayah baik dari Pidie Jaya dan luar Pijay. Terlihat juga tempat almarhum Wakil Bupati Pijay H. Said Mulyadi, M. Si dan rombongan serta pejabat pemerintahan lainnya.

Menurut Razali, sejumlah warga, santri, tokoh agama, pejabat dan politisi terus berdatangan melayat ke rumah duka sejak pagi tadi.

Abi Bidok merupakan sosok ulama yang disegani dan dihormati masyarakat setempat. Selain mengasuh pesantren, Abi Bidok juga sering mengisi pengajian-pengajian di masjid-masjid maupun meunasah (sejenis surau) Namun, dalam setahun terakhir sudah jarang keluar dari kompleks pesantrennya karena sakit. 

Ketua PC NU Pidie Jaya Tgk Ikhwani, MA mengatakan kepergian Abi Bidok sosok ulama sepuh Pijay melahirkan duka yang mendalam untuk masyarakat Pidie Jaya khususnya dan Aceh pada umumnya.

“Awal tahun ini masyarakat Pijay berduka dengan berpulang ke rahmatullah salah seorang warisatun ambiya lampu penerang umat, semoga almarhum diampuni segala dosanya dan husnul khatimah, “ungkapnya yang juga pimpinan Dayah Sirajul Huda Al-Azizyah Meureudu,Pijay dan kandidat doktor UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Sementara itu Rais Syuriah PC NU Pijay Abi Rusydi menyebutkan sosok Abi bidok ulama faqih juga ahli tasawuf, di dayah selain beut seumeubeut juga setiap tahun ada di buka suluk yang jamaahnya datang dari berbagai daerah [].

Keyword:


Editor :
Redaksi

kesbangpol
riset-JSI
esdm ramadhan
Komentar Anda