Logo Dialeksis
Beranda / Berita / Aceh / Wujudkan Pemerataan di Daerah, Pemerintah Aceh Lakukan Pendistribusian Guru

Wujudkan Pemerataan di Daerah, Pemerintah Aceh Lakukan Pendistribusian Guru

Jum`at, 06 Maret 2020 12:03 WIB

Font: Ukuran: - +

Sekretaris Daerah Aceh, dr. Taqwallah, M.Kes, menggelar rapat pendistribusian guru SMA/SMK dan SDLB dengan SKPA terkait di ruang rapat Sekda Aceh, Banda Aceh, Kamis (5/3/2020). Foto: Humas Pemerintah 


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Pemerintah Aceh akan melakukan pendistribusian guru pada tahun 2020. Kebijakan itu dilakukan guna mewujudkan pemerataan guru serta melengkapi bidang studi yang selama ini kekosongan pengajar di sejumlah sekolah dan daerah.

Sekretaris Daerah Aceh, dr. Taqwallah, M.kes, mengatakan, pihaknya nanti akan menyusun terlebih dahulu kriteria guru yang boleh didistribusikan.

“Tolong dibuatkan dulu, kriteria guru yang boleh dipindahkan, misalnya, umur, usia kerja, kebutuhan sekolah atau tempat tinggal, PNS itu kan harus siap kemanapun ditempatkan,” kata Taqwallah saat memimpin rapat pengusulan data distribusi guru di Aceh bersama sejumlah Dinas terkait, di Ruang Rapat Sekda, Kamis, (5/3).

Sementara itu, Kepala Bidang Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Pendidikan Aceh Dra. Nurhayati, mengatakan, saat ini persebaran guru antar sekolah dan kabupaten/kota tidak merata.

Selain itu, kata dia, ketersediaan guru di mata pelajaran tertentu seperti seni, sejarah dan sosiologi sangat terbatas. Dan sebaliknya, guru pada mata pelajaran lainnya malah berlebih.

“Oleh sebab itu, perlu pendistribusian untuk menyesuaikan kembali penempatan guru sesuai kebutuhan daerah dan sekolah,” ujar Nurhayati.

Selain itu, kata Nurhayati, pendistribusian juga perlu dilakukan karena ada guru yang sudah berusia lanjut dan jenuh berada di daerah terpencil tanpa pernah dilakukan rotasi.

Nurhayati mengatakan, direncanakan sebanyak 329 guru akan dilakukan pendistribusian. Mereka tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Aceh.

Hadir dalam rapat itu, Asisten Bidang Keistimewaan dan Pemerintahan Sekda Aceh, M Jafar, Asisten Bidang Administrasi Umum Bukhari, Kepala Badan Kepegawaian Aceh (BKA) Iskandar AP, Kepala BPSDM Aceh Syaridin, Kepala Biro Isra Zahrol Fajri dan sejumlah pejabat lainnya. (Pemerintah Aceh)



Editor :
Im Dalisah

riset-JSI
Komentar Anda