Beranda / Berita / 1440 Calon Mahasiswa Baru Politeknik Ketenagakerjaan akan Ikuti TPA Secara Online

1440 Calon Mahasiswa Baru Politeknik Ketenagakerjaan akan Ikuti TPA Secara Online

Kamis, 06 Agustus 2020 14:30 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Politeknik Ketenagakerjaan (Polteknaker) dalam rangka Penerimaan Mahasiswa Baru tahun akademik 2020/2021, akan menggelar Tes Potensi Akademik (TPA) untuk calon mahasiswa baru pada tanggal 11 s.d 13 Agustus 2020. 

Tes Potensi Akademik yang diikuti sebanyak 1.440 calon mahasiswa baru ini akan berlangsung secara online. Tes Potensi Akademik ini merupakan bagian dari proses seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru dimana pada tahun ini jumlah pelamar mencapai 2.399 orang dan sebelumnya mereka telah mengikuti Tes Online yang telah dilaksanakan pada tanggal 27 s.d 29 Juli 2020 yang lalu sebanyak 1.857 orang (77 persen dari jumlah peserta yang melakukan registrasi). 

Tingginya animo peserta untuk dapat menempuh pendidikan di Polteknaker menunjukkan bahwa lembaga pendidikan vokasi di bawah Kementerian Kenetenagakerjaan ini menunjukkan eksistensinya semakin diakui publik. Di samping itu juga tentu harapan mereka agar setelah menempuh pendidikan nantinya dapat langsung bekerja di dunia industri. 

TPA ini merupakan salah satu tes untuk mengetahui kemampuan seseorang, khususnya secara intelegensi, attitude, emosional dan ketelitian.

TPA dimaksudkan untuk mengukur potensi yang dianggap mempengaruhi keberhasilan guna melanjutkan ke perguruan tinggi, dunia kerja atau memangku posisi penting di suatu lembaga. 

Sebagaimana diketahui bahwa Polteknaker yang berada di bawah Kementerian Ketenagakerjaan ini terus mengembangkan diri guna mewujudkan pemerataan pendidikan tinggi untuk semua. Hal ini dapat diwujudkan melalui kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru tahun ini dimana program Afirmasi menjadi salah satu solusi dalam keterwakilan wilayah terpencil, masyarakat miskin, difabel, kesetaraan gender dan sebagainya. 

Dalam hal keterwakilan wilayah, Polteknaker telah menyampaikan informasi Penerimaan Mahasiswa Baru ini kepada Pemerintah Provinsi di seluruh Indonesia, mulai dari Aceh sampai dengan Papua. Langkah-langkah ini telah ditempuh agar kesempatan untuk dapat menimba ilmu di Polteknaker dapat dirasakan oleh mahasiswa yang berasal dari seluruh Indonesia nantinya.

Setelah Tes Potensi Akademik ini dilaksanakan, dalam Penerimaan Mahasiswa Batu tahun ini juga para peserta akan melalui tahapan Psikotes dan Tes Kesehatan dan Bebas Narkoba. Pengumuman hasil akhir dalam tahapan Penerimaan Mahasiswa Baru di Polteknaker ini direncanakan pada tanggal 25 Agustus 2020, dimana peserta yang lulus nantinya berjumlah 90 orang dengan rincian 30 mahasiswa untuk 3 (tiga) program studi, yaitu D-IV Relasi Industri, D-IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), dan D-III Manajemen Sumber Daya Manusia.

Khusus untuk Penerimaan Mahasiswa Baru tahun ini, dalam berbagai tahapan, Panitia menggunakan sistem online. Hal ini disebabkan karena situasi pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan dilaksanakan tes secara langsung, untuk menghindari penyebaran virus Covid-19 tersebut. Namun tentunya tetap memperhatikan kualitas dan mekanisme seleksi yang baik.

Untuk diketahui juga, Penerimaan Mahasiwa Baru Polteknaker tahun akademik 2020/2021 telah membentuk Dewan Yudisium yang bertujuan guna memastikan peningkatan mutu pendidikan di kampus yang sedang berkembang itu. 

Selain itu, Polteknaker dalam pengembangan kurikulum pembelajaran menggunakan kurikulum pendidikan berbasis KKNI-SN DIKTI. Lulusannya juga memperoleh sertifikat kompetensi. [Adv]

Keyword:


Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda