Beranda / Berita / Gempa M4,6 Guncang Aceh Jaya

Gempa M4,6 Guncang Aceh Jaya

Selasa, 11 Juni 2024 08:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Ilustrasi gempa. Foto: Getty Images/iStockphoto/Petrovich9


DIALEKSIS.COM | Aceh Jaya - Gempa dangkal dengan kekuatan M4,6 mengguncang Aceh Jaya pada Selasa pagi, 11 Juni 2024. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa terjadi pukul 06.46 WIB.

Kepala Stasiun Geofisika Aceh Besar Andi Azhar Rusdin menerangkan, hasil analisis BMKG menunjukkan episenter gempa berada di koordinat 4,72 derajat lintang utara dan 95,88 derajat bujur timur. "Tepatnya berlokasi di darat pada jarak 34 km timur laut Calang, Aceh Jaya dengan kedalaman 79 km," kata Andi dalam keterangan resmi, Selasa.

Andi menyebut gempa tersebut merupakan jenis gempa menengah akibat aktivitas sesar lokal. "Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa ini merupakan gempabumi menengah akibat adanya aktivitas sesar lokal," ungkapnya.

Berdasarkan laporan masyarakat, getaran gempa dirasakan dengan skala intensitas II-III Mercalli (Getaran dirasakan beberapa orang, benda ringan berguncang - Terasa getaran seakan truk berlalu) di Lamno, Aceh Jaya. Namun hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan kerusakan bangunan akibat gempa.

"Hingga pukul 07.18 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum ada kejadian gempa susulan," kata Andi.

Dia menghimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. "Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," imbaunya.

Keyword:


Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda