Beranda / Berita / BMKG: Aceh Berpotensi Terjadi La Nina

BMKG: Aceh Berpotensi Terjadi La Nina

Minggu, 04 Oktober 2020 19:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Agam Jaya

[Foto: Ilustrasi/Logo]



DIALEKSIS.COM | Lhokseumawe - Fenomen cuaca La Nina atau turunnya suhu permukaan air laut di Samudra Pasific dan bisa menimbulkan terjadinya hujan deras, berpotensi terjadi di Aceh.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda, Zakaria mengatakan, fenomena La Nina memang cukup kecil terjadi, tapi meskipun demikian berpotensi terjadi di Aceh.

“Memang kalau kita lihat kemungkinanya sangat kecil terjadi untuk wilayah Aceh, tapi meskipun demikian potensi untuk terjadinya masih ada kemungkinan terjadi di beberapa wilayah di Aceh,” ujar Zakaria, ketika dikonfirmasi dialeksis.com, Minggu (4/10/2020).

Zakaria menambahkan, daerah yang berpotensi La Nina tersebut, yaitu di wilayah Barat dan Selatan Aceh. Dengan adanya La Nina tersebut, maka bisa meyebabkan hujan yang cukup deras.

Sehingga bisa menyebabkan terjadinya potensi banjir dan longsor, bagi masyarakat yang berada diwilayah dataran tinggi, maka harus mewaspadai terjadinya longsor, sementara bagi yang tinggal disepanjang bantaran sungai, harus waspadai terjadinya banjir.

“Apabila terjadinya La Nina, maka akan terjadi hujan yang cukup deras. Makanya perlu diwaspadai terjadinya banjir dan longsor. Tapi potensi La Nina ini masih bisa terjadi di Aceh,” tutur Zakaria.

Keyword:


Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda