Beranda / Berita / Gempa 3,9 SR Guncang Aceh Selatan

Gempa 3,9 SR Guncang Aceh Selatan

Sabtu, 08 Juni 2024 08:30 WIB

Font: Ukuran: - +


Ilustrasi logo BMKG. Foto: net

DIALEKSIS.COM | Aceh Besar - Gempabumi tektonik dengan kekuatan M3,9 mengguncang wilayah Kabupaten Aceh Selatan dan sekitarnya pada Sabtu, 8 Juni 2024 pukul 05.44 WIB. Berdasarkan analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter gempa terletak di koordinat 3,02° Lintang Utara dan 97,41° Bujur Timur, atau 35 km di Tenggara Kabupaten Aceh Selatan pada kedalaman 4 km.

"Gempa ini merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal," jelas Kepala Stasiun Geofisika Aceh Besar, Andi Azhar Rusdin, S.Si., M.Sc, dalam keterangannya diterima Dialeksis.com.

Guncangan gempa dirasakan warga Aceh Selatan dengan skala intensitas III MMI (Mercalli Magnitude Intensity), di mana getaran terasa nyata dalam rumah, seakan-akan ada truk yang berlalu. Namun demikian, hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan kerusakan bangunan akibat gempa.

Hasil pemantauan BMKG juga mencatat bahwa belum terdapat gempabumi susulan atau aftershock sampai pukul 06.56 WIB.

Andi menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terprovokasi isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. "Pastikan informasi resmi hanya dari BMKG melalui kanal komunikasi resmi yang terverifikasi," tegasnya.

Keyword:


Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda