Beranda / Berita / Masyarakat Cot Girek Dilatih Cara Halau Gajah

Masyarakat Cot Girek Dilatih Cara Halau Gajah

Sabtu, 03 Agustus 2019 20:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Tim penghalau gajah Cot Girek, Aceh Utara. [FOTO: IST]

DIALEKSIS.COM | Aceh Utara - Tim penghalau gajah di tiga dusun di Desa Cot Girek, Kecamatan Cot Girek, Aceh Utara, resmi dilantik Camat Cot Girek Aceh Utara Maksum Isa, di aula kantor Camat Cok Girek, Jumat (2/8/2019). 

Pembentukan dan pelantikan ini difasilitasi Wolrd Wildlife Fund (WWF) Indonesia bekerjasama dengan Shared Resources Joint Solution (SRJS) dalam program Fasilitasi Penyusunan Rencana Aksi dan Penandatanganan Dokumen Final SK Tim Penghalau Gajah Desa Cot Girek.

Para anggota tim juga diberikan Surat Keputusan Geuchik Desa Cot Girek bernomor 466/699/2001/2009 tentang pembentukan struktur pengurus tim gajah Cot Girek yang ditandatangani Camat, Kapolsek, Danramil dan Geuchik.

Communication Officer WWF Indonesia Program Aceh, Chik Rini kepada Dialeksis.com Sabtu (3/8/2019) mengatakan, Cot Girek merupakan salah satu daerah mitigasi konflik gajah liar yang sudah berlangsung lama. Untuk itu, dilakukan pembentukan tim setelah pesertanya dilatih sejak tahun 2017.

"Sudah beberapa kali kami ke Cot Girek untuk melatih warga dan mendorong mereka agar memahami bagaimana menggiring gajah yang benar. Dan hari ini tim yang terbentuk sudah dilantik. Semoga bisa bekerjasama dengan semua pihak," ujar Chik Rini.

Selama ini warga menghalau gajah dengan sendirinya demi menyelamatkan tanaman pertanian mereka. Adapun tim yang terbentuk meliputi tim dari Dusun Alue Buloh, Dusun Leubok Tilam dan Dusun Abong-Abong.

Sementara itu dalam Surat Keputusan, para tim nantinya akan bertugas untuk memonitoring pergerakan gajah liar secara intensif, kegiatan penghalauan, patroli pergerakan gajah di dusun masing-masing. Dalam melaksanakan tugasnya, anggota tim bekerja secara gotong-royong dan sukarela.(faj) 

Keyword:


Editor :
Makmur Emnur

Berita Terkait
    riset-JSI
    Komentar Anda