Beranda / Berita / BMKG Aceh Peringatkan Potensi Hujan Lebat Disertai Kilat dan Angin Kencang

BMKG Aceh Peringatkan Potensi Hujan Lebat Disertai Kilat dan Angin Kencang

Minggu, 16 Juni 2024 08:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Ratnalia
Info grafis prakiraan cuaca tanggal 16 Juni 2024. Foto: BMKG Aceh

DIALEKSIS.COM | Aceh - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh memprediksi potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada Sabtu (16/6) dini hari di sejumlah wilayah Aceh. Peringatan dini cuaca itu diterbitkan pada pukul 00.20 WIB.

Berdasarkan analisis prakirawan BMKG Aceh, hujan lebat berpotensi terjadi mulai pukul 00.30 WIB di beberapa kabupaten/kota, antara lain: Aceh Selatan, Aceh Timur, Aceh Tengah, Aceh Besar, Pidie, Gayo Lues, Aceh Jaya, Aceh Tamiang, Pidie Jaya, dan Langsa.

Sejumlah kecamatan di wilayah tersebut diwaspadai berpotensi dilanda hujan lebat, seperti Bakongan, Kluet Utara, Trumon, Kota Jantho di Aceh Besar, serta Kota Sigli di Pidie. Hujan juga berpeluang meluas ke wilayah lain seperti Aceh Tenggara, Simeulue, Aceh Singkil, Bireuen, dan Bener Meriah.

"Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 04.00 WIB," demikian peringatan dari BMKG Aceh.

Masyarakat diminta waspada dan mengantisipasi potensi banjir, pohon tumbang, serta kerusakan akibat angin kencang dan kilat/petir yang menyertai hujan lebat tersebut. Pemantauan cuaca secara intensif akan terus dilakukan untuk mengikuti perkembangan terbaru.

Keyword:


Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda