Beranda / Berita / Pihak Terjaring OTT Pejabat Basarnas jadi 10 Orang

Pihak Terjaring OTT Pejabat Basarnas jadi 10 Orang

Rabu, 26 Juli 2023 12:00 WIB

Font: Ukuran: - +


Juru Bicara bidang Penindakan KPK Ali Fikri.


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Pihak yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa, 25 Juli 2023 bertambag. Total, ada sepuluh orang yang kini dimintai keterangan.

"Kami update info terakhir dari teman-teman, ada sekitar 10 orang yang sudah ada di Gedung Merah Putih KPK dan dalam permintaan keterangan oleh tim KPK," kata juru bicara bidang penindaan KPK Ali Fikri di Gedung Dewas KPK, Jakarta Selatan, Rabu (26/7/2023).

Ali belum bisa memerinci identitas para pihak yang ditangkap. Salah satu pejabat di Basarnas dipastikan terlibat dalam masalah ini. KPK juga menemukan uang dalam penangkapan kemarin. Totalnya, kini masih dalam penghitungan. 

"Saat ini kami masih melakukan konfirmasi terlebih dahulu kepada pihak yang ditangkap," ucap Ali.

Ketua KPK Firli Bahuri menjelaskan kasus dalam penangkapan kali ini berkaitan dengan pengadaan barang dan jasa. Para pihak terlibat kedapatan sedang membagi uang haram.

"Terkait dugaan tindak pidana korupsi dalam pengadaan barang jasa di basarnas berupa alat pendeteksian korban reruntuhan," kata Ketua KPK Firli Bahuri, Rabu (26/7/2023).

Para pelaku mengatur fee sepuluh persen dari nilai proyek tersebut untuk dibagi-bagi. Penjelasan mendalam bakal dibeberkan dalam konferensi pers nanti. 

KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang tertangkap. Pengumuman bakal dibeberkan melalui konferensi pers pada Rabu, 26 Juli 2023. 

Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

riset-JSI
Komentar Anda