Beranda / Berita / Presiden FIFA Bukan WNA Pertama Peroleh Tanda Kehormatan dari Pemerintah

Presiden FIFA Bukan WNA Pertama Peroleh Tanda Kehormatan dari Pemerintah

Jum`at, 04 Agustus 2023 09:00 WIB

Font: Ukuran: - +


Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden Jokowi.


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Pemerintah memberikan tanda kehormatan Bintang Budaya kepada Presiden FIFA Gianni Infantino. Presiden kesembilan federasi sepak bola dunia itu bukan warga negara asing (WNA) pertama yang mendapat tanda penghormatan dari pemerintah.

"Dulu kita pernah memberi (tanda kehormatan) kepada seorang jenderal Filipina," kata Ketua Dewan Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan Mahfud MD di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (3/8/2023). 

WNA yang dimaksud Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) itu adalah Kepala Staf Angkatan Udara Filipina (General Of Piliphine Air Force) Lieutenant General Jeffrey Delgado. Tanda kehormatan diberikan pada 2016.

"Karena (Jeffrey) membantu Indonesia dalam pembebasan sandera Abu Sayaf. Jadi, bisa itu (WNA diberikan tanda kehormatan)," ungkap dia.

Tak hanya WNA, eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu menyampaikan ada juga Warga Negara Indonesia (WNI) mendapat tanda kehormatan dari negara lain. Salah satunya Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, mantan Panglima TNI itu dianugerahi gelar Kehormatan Tan Sri atau Panglima Setia Mahkota. Gelar tersebut diberikan Kerajaan Malaysia pada 2015.

"Pak Moeldoko pernah dapat dari Malaysia dan seterusnya," sebut dia. 

Dia menyampaikan pemberian tanda kehormatan Bintang Budaya kepada Gianni tak perlu diperdebatkan. Sebab, hal itu dianggap wajar. "Itu sudah biasa antar negara," ujar dia.

Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

riset-JSI
Komentar Anda