Logo Dialeksis
Beranda / Liputan Khusus / Dialetika / Aksi Solidaritas Anggota DPR RI Aceh Saat Pandemi Covid 19

Aksi Solidaritas Anggota DPR RI Aceh Saat Pandemi Covid 19

Sabtu, 20 Juni 2020 15:07 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Merebaknya virus corona di awal 2020 menjadi catatan sejarah dunia. Bukan hanya memakan korban jiwa, Covid-19 juga mengancam krisis ekonomi. 

Bahkan, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan wabah virus yang bisa mematikan ini sebagai tantangan terberat sejak Perang Dunia II. 

Di Indonesia, jutaan orang terancam kehilangan pekerjaan mereka di tengah penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) demi memutus rantai penyebaran virus corona. 

Di tengah kekhawatiran itu, cerita mengenai kedermawanan dan gerakan solidaritas di antara para anggota DPR RI asal Aceh pun terus bermunculan, mereka ikut menyalurkan bantuan untuk warga Aceh yang berdampak langsung secara ekonomi karena Covid-19.

Teuku Riefky Harsya Wakil Ketua Komisi I DPR RI menyediakan 1.500 paket sembako untuk membantu warga Aceh yang tengah dilanda virus corona. 

Bantuan ini guna meringankan beban masyarakat akibat terdampak pandemi Covid-19 yang di Provinsi Aceh.

Sekretaris Jendral (Sekjend) DPP Partai Demokrat ini mengatakan, sudah seharusnya ikut peduli dan meringankan ekonomi rakyat yang terganggu akibat covid-19, bentuknya bermacam-macam baik itu melalui penyaluran paket sembako atau dalam bentuk lain.

Politisi senior partai demokrat ini memanfaatkan Tim Rumoh Aspirasi TRH yang sudah tersebar di seluruh Aceh sebagai relawan untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat. 

“Paket sembako ini kita salurkan ke masyarakat aceh sejumlah 1500 paket. Penyaluran bantuan tersebut dilakukan oleh Tim Rumoh Aspirasi TRH,” kata Teuku Riefky Harsya.

Tim Rumoh Aspirasi TRH ini sudah menyalurkan paket sembako di Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Sabang, Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Abdya, Aceh Selatan, Subulussalam, Singkil, Simeulu, dan Aceh Tenggara.

Aksi bagi-bagi sembako ini juga dilakukan oleh anggota DPR RI Illiza Saaduddin Djamal. Melalui Badan Kemakmuran Masjid (BKM) yang tersebar di Aceh ikut membantu masyarakat Aceh.

Bantuan itu diserahkan langsung secara simbolis oleh mantan Wali Kota Banda Aceh kepada pengurus BKM.

Akibat pandemi ini warga Aceh yang kurang mampu terganggu secara ekonomi dan mengalami kekurangan bahan makanan untuk keluarga.

Illiza yang duduk di Komisi X DPR RI ikut prihatin kondisi Aceh yang semakin terpuruk karena Covid-19. Masyarakat sangat terbatas mencari reziki dan sulit untuk bekerja.

“Saya berpesan tetap menjaga kesehatan agar terhindar dari musibah virus ini, virus corona ini mudah terserang orang-orang yang mempunyai pola hidup tidak sehat serta memiliki imun lemah,” ujar politisi partai berlambang ka’bah ini.

Dia berharap bantu itu bermanfaat untuk masyarakat semoga wabah virus yang bisa mematikan segera berakhir.

Saat pandemi virus corona ini, anggota DPR RI dari PKS Muhammad Nasir Djamil ikut membantu menyediakan bantuan paket sembako dan alat pelindung diri (APD) berupa masker.

Bantuan ini disalurkan kepada masyarakat dan juga kepada pekerja media di Aceh Tamiang. 

Polisiti senior asal Aceh ini membentuk relawan menyalurkan bantuan sembako dan APD untuk warga Aceh, relawan ini yang turun langsung ke masyarakat dengan tetap menjaga protokol kesehatan. 

“Kita bagi-bagi bahan pangan berupa beras untuk masyarakat yang terdampak dari virus corona. Kita bagikan kepada pekerja harian, dan wartawan di daerah,” kata Nasir Djamil.

Kegiatan positif ini dilakukan di sejumlah kabupaten/kota di Aceh, misalnya di Aceh Timur, Langsa, Aceh Utara, dan Kota Lhokseumawe.

Nasir Djamil mengaku mengaku sangat prihatin kondisi masyarakat yang semakin sulit untuk mencari nasfkah, tak mudah menjalani masa sulit ini.

“Relawan tersebar menyasar ke permukiman masyarakat guna menyalurkan bantuan untuk masyarakat yang terdampak langsung secara ekonomi karena virus corona,” katanya.

Dia menghimbau masyarakat tetap dan patuhi peraturan pemerintah terkait Covid-19 ini, agar terhindar dari penyebaran virus yang bisa mematikan ini.

“Para relawan juga melakukan sosialisasi melalui agar masyarakat untuk mewaspadai dari penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat terhindar dari wabah Covid-19 yang saat ini menjadi momok masyarakat.”

Hal yang sama juga dilakukan Rafli Kande anggota DPR RI, dia menggunakan jaringan BUMN dan relawan untuk menyalurkan bantuan sembako dan APD kepada masyarakat dan tenaga medis di di rumah sakit dan pukesmas.

Selain itu, seniman ini mendukung penuh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Aceh untuk melakukan pengawasan atas penggunaan dana penanganan Covid-19 di Aceh oleh Pemerintah Aceh.

Dampak wabah covid 19 sudah merusak stabilitas perekonomian masyarakat, mengundang simpati berbagai sejumlah anggota DPR RI membantu warga yang lebih membutuhkan.

Kegiatan positif ini terus dilakukan setiap hari dari satu tempat ke tempat lain, guna membantu masyarakat.(ZU)


Editor :
Zulkarnaini

riset-JSI
malikusaleh idul adha
Komentar Anda
dinsos dan M