Beranda / Berita / Dunia / 15.800 Domba Tenggelam di Pelabuhan Sudan

15.800 Domba Tenggelam di Pelabuhan Sudan

Senin, 13 Juni 2022 15:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Domba yang diselamatkan setelah kapal Badr 1, yang dijejali ribuan hewan, tenggelam pada Minggu (12/6/2022). [Foto: AFP]


DIALEKSIS.COM | Sudan - Sebuah kapal penuh muatan yang dijejali ribuan domba tenggelam pada hari Minggu (12/6/2022) di Pelabuhan Laut Merah Suakin di Sudan, menenggelamkan sebagian besar hewan di dalamnya tetapi semua awaknya selamat.

Kapal yang memuat ternak tersebut akan mengekspor hewan dari Sudan ke Arab Saudi, tetapi tenggelam karena kelebihan muatan.

"Kapal Badr 1, tenggelam pada dini hari Minggu pagi," kata seorang pejabat senior pelabuhan Sudan, yang berbicara tanpa menyebut nama, mengutip Aljazeera, Senin (13/6/2022).

“Itu membawa 15.800 domba, yang melampaui batas muatannya," tuturnya menambahkan

Pejabat itu mengatakan kapal itu seharusnya hanya membawa 9.000 domba.

Pejabat lain, yang mengatakan semua kru diselamatkan, menyuarakan keprihatinan atas dampak ekonomi dan lingkungan dari kecelakaan itu.

“Kapal yang tenggelam akan mempengaruhi operasional pelabuhan,” kata pejabat itu. 

“Kemungkinan juga akan berdampak pada lingkungan karena kematian sejumlah besar hewan yang dibawa oleh kapal," ucapnya.

Saleh Selim, kepala divisi peternakan asosiasi eksportir nasional, mengatakan nilai total ternak yang hilang adalah $4 juta.

Dia mengatakan pemilik ternak hanya menemukan sekitar 700 domba, tetapi mereka ditemukan sangat sakit dan kemungkinan domba tersebut tidak hidup lama.

Selim menyerukan penyelidikan atas insiden tersebut. [Aljazeera]

Keyword:


Editor :
Indri

riset-JSI
Komentar Anda