Beranda / Berita / Dunia / Dua Orang Terkaya Dunia Jual Saham Google Rp 14,4 T

Dua Orang Terkaya Dunia Jual Saham Google Rp 14,4 T

Senin, 02 Agustus 2021 08:30 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Pendiri Google dan pemegang saham pengendali, Alphabet Larry Page dan Sergery Brin diketahui telah menjual lebih dari US$ 1 miliar saham gabungan sejak Mei tahun ini. Nilai saham tersebut setara dengan Rp 14,4 triliun (kurs Rp 14.400/US$).

Dilansir dari CNBC Internasional, Minggu (1/8/2021) mulai Mei keduanya menjual saham Kelas A dan Kelas C senilai lebih dari US$ 1,07 miliar, melalui Komisi Sekuritas dan Bursa yang disusun oleh OpenInsider.

Total penjualan Brin lebih dari US$ 610 juta, sementara penjualan Page, termasuk dalam satu putaran minggu ini telah mencapai lebih dari US$ 462 juta.

Kedua pendiri Google tersebut menjual saham di bawah rencana perdagangan yang telah diajukan sebelumnya. Brin dan Page juga diketahui mulai menjual sahamnya pada 2017, ketika rencana bisnis mereka berakhir.

Kinerja saham perseroan tahun ini, dinilai cukup baik. Saham Alphabet Class A naik lebih dari 50% pada tahun ini, melampaui Nasdaq Composite dan saham raksasa teknologi lainnya seperti Amazon dan Apple.

Perusahaan juga melaporkan bahwa pendapatan Kuartal II-2021 tumbuh sangat kuat.

Untuk diketahui, Page mengundurkan diri sebagai CEO Alphabet pada akhir 2019 dan menyerahkan kendalinya kepada CEO Google Sundar Pichai. Pada saat yang sama, Sergey Brin mengundurkan diri sebagai presiden Alphabet dan perannya dihilangkan.

Kendati demikian, Page dan Brin, yang ikut mendirikan Google pada tahun 1998 tetap sebagai anggota dewan dan pemegang mayoritas saham di perusahaan, mengendalikan 51% dari kelas khusus saham voting Alphabet. Keduanya termasuk orang terkaya di dunia.

Page dilaporkan telah menghabiskan banyak waktu di kapal pesiarnya di Kepulauan Fiji selama pandemi.[CNBC Indonesia]


Keyword:


Editor :
M. Agam Khalilullah

riset-JSI
distanbun 12
Komentar Anda