Beranda / Berita / Dunia / Najla Bouden Ramadhane, Perdana Menteri Perempuan Pertama di Tunisia

Najla Bouden Ramadhane, Perdana Menteri Perempuan Pertama di Tunisia

Kamis, 30 September 2021 23:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Najla Bouden Ramadhane. [Foto: Reuters]


DIALEKSIS.COM | Tunisia - Presiden Tunisia Kaies Saied pada Rabu (29/9/2021), mengumumkan Najla Bouden Ramadhane, seorang profesor berusia 63 tahun, untuk memimpin pemerintahan transisi setelah kepala negara memecat perdana menteri sebelumnya dan menskors parlemen.

“Prioritasnya adalah memberantas korupsi, dan menyudahi kekacauan yang terjadi di banyak institusi. Ada perempuan dan laki-laki jujur yang bekerja siang dan malam, tetapi ada juga yang justru bekerja untuk hal yang berlawanan, yaitu berupaya menjatuhkan pemerintah,” ujar Saied, melansir VoA Indonesia.

Najla Ramadhane, yang merupakan profesor di sebuah sekolah teknik bergengsi, menjadi perdana menteri perempuan pertama di Tunisia dan salah seorang perempuan pertama di dunia Arab yang memegang posisi senior itu.

Belum jelas berapa besar kekuasaan Ramadhane. Pekan lalu Presiden Kais Saied mengeluarkan dekrit presiden yang memperkuat kekuasaannya yang sudah hampir total. Ia juga mengumumkan rencana pembentukan pemerintahan transisi dan aturan pemilu yang baru. [VoA Ind]

Keyword:


Editor :
Indri

gabung 1
Komentar Anda