Logo Dialeksis
Beranda / Berita / Dunia / Ribuan Jamaah Laksanakan shalat Magrib di Depan Masjid Hagia Sophia

Ribuan Jamaah Laksanakan shalat Magrib di Depan Masjid Hagia Sophia

Minggu, 12 Juli 2020 18:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Ribuan jamaah lakukan shalat magrib di depan Masjid Hagia Sophia. (sumberfoto: screenshot/CNNIndonesia.com)

DIALEKSIS.COM | Turki – Setelah pemerintah Turki mengalihkan fungsi bangunan Hagia Sophia yang dulunya menjadi museum kini beralih fungsi menjadi masjid, ribuan jamaah melaksanakan shalat magrib di depan  masjid Hagia Sophia.

Video berdurasi 1.39 menit yang ditayangkan di situs CNNIndonesia.com, memperlihatkan ribuan penduduk Turki yang antusias melaksanakan shalat di depan halaman masjid tersebut.

Presiden Turki, Recep Tayib Erdogan, menetapkan museum Hagia Sophia menjadi masjid Hagia Sophia pada Jum'at (10/7). Keputusan Majelis Negara Turki itu, membayar upaya pengajuan alih fungsi yang sudah dilakukan sejak 2005 lalu.

Meski mendapat kecaman dari banyak negara, Erdogan mengatakan, keputusan pengalihan Hagia Sophia tersebut bukan untuk mendengar pendapat orang lain.

“Keputusan ini tidak dibuat untuk mendengar pendapat orang lain, tapi mempertimbangkan hak kami dan apa yang yang diinginkan oleh negara kami,” kata Erdogan, Sabtu (11/7/2020) melansir CNNIndonesia.com.

Ia menegaskan, keputusan tersebut diambil mewakili keinginan Turki dalam menggunakan hak kedaulatan yang mereka miliki.

Sudah Sejak lama, Erdogan telah berulang kali menyerukan agar bangunan bersejarah tersebut  dialihfungsikan menjadi sebuah masjid. Pada 2018 lalu, Erdogan bahkan sempat membacakan ayat-ayat Alquran di Hagia Sophia.

Keputusan penetapan museum Hagia Sophia menjadi Mesjid Hagia Sophia dilakukan pada Jum’at (10/7) kemarin. Dijadwalkan ummat muslim dalam melakukan ibadah di mesjid tersebut mulai 24 Juli mendatang. (IDW).


Editor :
Indra Wijaya

riset-JSI
malikusaleh idul adha
Komentar Anda
dinsos dan M